Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

FIAT DAN MAGNIFICAT

1 2 3 4 5 Rating 4.07 (15 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Lukas 1:26-56

Kata Maria, "Sesungguhnya aku ini hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu... Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku.” (Lukas 1:38; 46-47)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Korintus 5-8



Pada waktu saya tinggal di asrama putri semasa SMA, setiap sore penghuni asrama mendaraskan fiat (penyerahan diri atas kehendak Tuhan, Lukas 1:38) dan magnificat (nyanyian Maria memuliakan, Lukas 1:46-47). Saat itu saya hanya menganggapnya sebagai sebuah rutinitas tanpa memahami maknanya. Seiring dengan berjalannya waktu, jika membaca kembali perikop ini, terlebih pada masa Natal, saya menemukan keindahan hati Maria yang luar biasa. Keindahan jiwa seorang perempuan yang berbalut ketaatan iman kepada Tuhan terhadap segala rancangan dan kehendak-Nya.

Semula Maria memang terkejut dan bertanya-tanya ketika malaikat Gabriel mengunjunginya dan menyampaikan warta yang terasa mustahil bagi pikirannya sebagai seorang perawan. Namun, ketaatannya kepada Allah menyingkirkan keraguan, ketakutan, dan kecemasannya. Maria pun menyatakan fiat-nya, “Jadilah padaku menurut perkataanmu itu” (fiat adalah kata bahasa Latin yang berarti “terjadilah”). Nantinya Maria menyanyikan pujian, memuliakan Allahnya (magnificiat adalah kata bahasa Latin yang berarti “muliakanlah”). Nyanyian ini mengungkapkan pengenalannya akan Allah, Sang Juruselamat. Ia mengumandangkan kebaikan dan kesetiaan Tuhan yang turun-temurun. Ia memuji Tuhan yang kasih-Nya berlimpah kepada semua orang. Ia mengingat janji-janji Tuhan yang selalu tepat sejak zaman Abraham.

Hidup ini penuh dengan kejutan, baik yang menyenangkan maupun yang merepotkan. Dalam segala warna hidup itu, bersediakah kita tetap memercayai dan mengagungkan Allah?—SLS

SETIAP LANGKAH HIDUP KITA ADALAH KESEMPATAN
UNTUK MENAATI KEHENDAK ALLAH DAN MEMULIAKAN NAMA-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: