Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

TELADAN ORANG MUDA

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (25 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 Timotius 4:11-16

Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kemurnianmu. (1 Timotius 4:12)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ibrani 11-13



Ketika Basuki Tjahaya Purnama mencalonkan diri sebagai wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko Widodo, banyak orang meremehkannya. Ahok, begitu ia dikenal, termasuk dalam tiga kelompok “minoritas”: ia Tionghoa, Kristen, dan jujur. Apalagi, usianya masih terbilang muda. Ahok menepis semua rintangan dengan mengedepankan kinerja yang jujur, bersih, transparan, dan tegas. Hal ini tampak dalam ucapannya yang cenderung keras dan “tanpa tedeng aling-aling”.

Rasul Paulus memberikan nasihat khusus kepada Timotius yang terbilang muda. Mungkin jemaat waktu itu cenderung meremehkan kemampuan Timotius karena kemudaannya itu. Usia muda identik dengan kurangnya pengalaman dan wibawa. Untuk mengatasinya, Paulus mengajari Timotius agar menjadi pribadi yang patut diteladani dalam segala hal, baik perkataan maupun perbuatan (ay. 12). Berbagai nasihat diberikan untuk menguatkan hati Timotius, meliputi ketekunan dalam membaca Kitab Suci, mengajar (ay. 13), mengaktifkan karunia (16), dan mengevaluasi diri (ay. 15-16). Semua itu diperlukan Timotius terutama saat ia harus menghadapi pengajar sesat.

Mungkin kita sering diremehkan karena usia, genetika, atau penampilan. Belajar dari Ahok dan Timotius, hendaknya kita tidak menyerah. Marilah kita berketetapan hati dan memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang patut diteladani. Melalui perkataan dan perbuatan, mari kita tunjukkan bagaimana hidup benar sesuai dengan firman Tuhan.—YOH

SAAT ORANG LAIN MEREMEHKAN,
JADILAH TELADAN DALAM PERKATAAN DAN PERBUATAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: