Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

TIDAK IKUT TERTAWA

1 2 3 4 5 Rating 4.52 (27 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 Korintus 12:12-31

Karena itu, jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita. (1 Korintus 12:26)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 22-24



Suatu ketika di sekolah, seorang anak terjatuh ke got dan ia ditertawakan oleh teman-temannya. Guru bertanya, ”Tadi saya melihat ada seorang anak terjatuh dan semua teman menertawakan. Saya ingin tahu, siapa di antara kalian yang tidak ikut tertawa?” Seorang anak dengan wajah malu-malu mengangkat tangan. Dengan wajah serius guru itu berkata, “Lihat anak ini. Dia tidak mau menertawakan temannya yang celaka.” Kemudian sambil memandang anak itu dengan penuh kasih, guru bertanya, “Kenapa engkau tidak ikut tertawa?” Dengan wajah menunduk anak itu menjawab, “Karena yang jatuh saya, Bu!” 

Paulus menekankan perasaan senasib sepenanggungan kepada jemaat di Korintus. Sebagai satu jemaat di dalam Kristus, ketika ada anggota jemaat yang merasakan penderitaan, semua merasakan derita yang sama; demikian sebaliknya. Semua saling membutuhkan (ay. 21). Tidak ada bagian yang lebih utama dibandingkan yang lain. Tujuan dari sikap hati seperti itu adalah supaya tidak terjadi perpecahan di dalam tubuh (ay. 25). Karena, kita masing-masing adalah anggota dari Tubuh Kristus.

Apakah dalam keseharian pelayanan kita, sikap dan perilaku seperti itu tanpa sadar kerap kita lakukan? Jika kita bersyukur karena rumah kita tidak kebanjiran, itu baik. Namun, jika kita bersyukur hanya karena rumah kitalah yang satu-satunya selamat dan yang lain tenggelam, maka kita perlu menguji hati kita. Apakah kita bersyukur karena dilindungi Tuhan atau karena bencana itu menimpa orang lain?—XQP

TIDAK SEORANG PUN PEDULI SEBERAPA BANYAK YANG ANDA TAHU SAMPAI
MEREKA TAHU SEBERAPA BANYAK ANDA PEDULI. Theodore Roosevelt


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: