DIAMPUNI UNTUK MENGAMPUNI

1 2 3 4 5 Rating 4.32 (25 Votes)

Baca: Hosea 3:1-5

Berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis.” (Hosea 3:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
Keluaran 14-16



Pada 2012 anak perempuan Inge Handoko dibunuh. Ketika ayah si pelaku memohon ampun untuk meringankan hukuman, ia bergeming. Suatu saat dalam ibadah, pendeta menantang jemaat untuk melepaskan pengampunan. Inge bergumul. Akhirnya ia memutuskan untuk menemui dan mengampuni si pelaku. "Seperti beban yang telah terangkat. Kemudian kami meminta adik saya sebagai lawyer membuat surat pengampunan bahwa keluarga kami mencabut tuntutan itu," kata Inge dalam kesaksiannya.

Pengampunan semacam itu diberikan Hosea pada Gomer. Hosea menaati perintah Allah dengan mengampuni perbuatan sundal Gomer dan menebus senilai harga jual seorang budak perempuan. Hosea pun harus mencintai Gomer kembali seperti cinta mula-mulanya. Kemudian Gomer harus mengalami masa penyucian dengan tidak "disentuh" oleh siapa pun, termasuk Hosea sendiri. Tanggapan Hosea ini melukiskan kasih Allah dalam menebus manusia berdosa, yang tidak sanggup menyelamatkan diri mereka sendiri. Satusatunya harapan manusia ialah kasih karunia Allah.

Melalui kasih Kristus, kita diberi kesempatan merasakan kasih dan kekudusan Allah. Kristus adalah harga yang dibayar Allah untuk menebus kita yang berdosa. Kita sudah merasakan kasih Allah yang begitu besar, maka mengampuni bukanlah sesuatu yang mustahil. Dengan pertolongan Roh Kudus, kita akan dimampukan untuk melepaskan pengampunan walaupun tidak mudah. Mengampuni tidak hanya memaafkan tetapi mengasihi kembali dengan kasih mula-mula.—RA

PRIBADI YANG TELAH MENGALAMI PENGAMPUNAN ALLAH MELALUI YESUS KRISTUS,
AKAN TERMOTIVASI UNTUK BERBAGI PENGAMPUNAN PADA SESAMA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.