ADA JALURNYA

1 2 3 4 5 Rating 4.79 (19 Votes)

Baca: Yosua 1:1-18

Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi. (Yosua 1:7)


Bacaan Alkitab Setahun: 
2 Raja-raja 14-15



Kalau kita mengamati pesawat yang sedang terbang, sepertinya pesawat itu bisa bergerak bebas ke mana saja. Namun, pesawat itu sebetulnya terbang sesuai dengan jalurnya. Meleset satu derajat saja, bisa terjadi kecelakaan. 

Mengikuti Tuhan berarti mendapatkan kebebasan—memang betul. Namun, jangan lupa, Tuhan sudah menetapkan aturan yang sangat jelas untuk dipatuhi dan dijalankan oleh orang percaya. Tuhan menyatakan peraturannya melalui firman-Nya yang tercatat dalam Alkitab. Jika kita mengikuti hukum dan peraturan Tuhan, kita akan mengalami kesejahteraan dan kebaikan. Sebelum merebut tanah Kanaan, Tuhan berfirman kepada Yosua. Salah satunya, Yosua diperintahkan untuk tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya ia beruntung ke mana pun ia pergi. Yosua mengikuti perkataan Tuhan. Hasilnya, Tuhan membuat berhasil segala sesuatu yang Yosua kerjakan dan mereka memenangkan peperangan. Yosua adalah salah satu pemimpin terbaik Israel karena ia mengikuti peraturan Tuhan. Seluruh tanah Kanaan berhasildirebut karena Yosua pemimpin yang takut akan Tuhan. 

Kisah Yosua adalah gambaran tentang kemenangan iman dan berkat rohani yang dinikmati orang percaya ketika mereka mematuhi peraturan Tuhan. Kemenangan dan berkat ini tidak identik dengan kehidupan yang berjalan serba mulus tanpa tantangan. Sebaliknya, sebesar apa pun tantangan yang kita hadapi, Tuhan akan menyertai dan menolong kita sehingga iman kita kepada-Nya bertambah teguh. —RTG

MENURUTI PERATURAN DAN HUKUM TUHAN
MENDATANGKAN KEMENANGAN IMAN DAN BERKAT ROHANI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.