HIDUP JUJUR

1 2 3 4 5 Rating 4.38 (21 Votes)

Baca: Yohanes 1:29-51

“Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalam-Nya!” (Yohanes 1:47b)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Kisah Para Rasul 26-28



Zaman Yunani Kuno ada seni peran yang dikenal dengan istilah hipokrit, dimana seorang aktor melakonkan lebih dari satu peran. Setiap melakonkan satu peran ia akan berlari dahulu ke belakang panggung untuk menggunakan topeng. Hipokrit sendiri berarti orang yang tidak sama dengan sosok yang ia tampilkan. Di zaman Kristus kata ini sering digunakan Kristus untuk mengecam ahli-ahli Taurat dan para Farisi, karena mereka menampilkan diri sebagai orang saleh tetapi berperilaku bejat dan memalukan. 

Sekarang, perilaku hipokrit dengan mudah ditemukan dalam masyarakat kita, tak terkecuali di kalangan orang percaya; ada yang berlagak baik padahal hatinya penuh dengan niat jahat, rajin ke gereja padahal hatinya penuh kebencian, kelihatan baik padahal suka memperalat, dan berbagai perilaku munafik yang lain. Dalam Kitab Septuaginta yaitu terjemahan tertua Perjanjian Lama ke dalam bahasa Yunani kata hipokrit berarti “tak ber-Tuhan”. 

Agar tak terjebak sebagai hipokrit sebagaimana sering dilakonkan orang tak ber-Tuhan, mari kita berkata dan berperilaku sebagaimana adanya. Seperti sikap Yohanes kepada Yesus. Yohanes bisa memperalat Yesus untuk tujuan pribadinya tetapi ia tak melakukannya. Ia bisa memilih tak menceritakan tentang Yesus kepada murid-muridnya untuk melindungi mereka dari pengaruh-Nya. Kenyataannya ia justru melakukan sebaliknya dengan risiko ditinggalkan murid-muridnya. Dalam kesempatan lain ia berani menegur si pembuat kejahatan meski harus membayar dengan nyawanya.

—PRB/www.renunganharian.net


HIDUP JUJUR, MENGATAKAN YANG SEHARUSNYA
WALAUPUN BERAT RISIKO YANG HARUS DIDERITANYA
ADALAH CIRI ORANG–ORANG KUDUS SEPANJANG SEJARAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.