Sudah terbit: Volume 47!
Sudah terbit: Volume 30!

BUKAN KAWANAN BELALANG

1 2 3 4 5 Rating 4.50 (26 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Bilangan 13:1-33

“Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami.” (Bilangan 13:33)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Ayub 41-42



Indra Sjafri, pelatih tim nasional Indonesia U-19, sering mengingatkan para pemain agar tidak minder ketika bertanding. Siapa pun tim lawan, sekalipun dari Eropa, harus dihadapi dengan kepala tegak. Minder berarti kalah sebelum bertanding. Alhasil, ketika memimpin Indonesia pada ajang Pra-Piala Asia 2013, Evan Dimas dkk. berhasil mengandaskan Korea Selatan dengan skor 3-2. Garuda Muda pun lolos ke Piala Asia. 

Ketika Allah membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, Dia tak pernah menganggap mereka sekumpulan belalang yang ingin mengalahkan para raksasa. Tidak! Mereka laksana pasukan yang Allah panggil keluar dari Mesir menuju Kanaan. Misi yang tak mudah karena mereka harus menaklukkan musuh-musuh yang akan menghadang perjalanan mereka. Penyertaan Allah menjadi jaminan bahwa mereka akan memperoleh kemenangan. Namun, rasa takut dan rendah diri terlanjur menghinggapi sebagian dari bangsa Israel sehingga nyali mereka ciut sebelum berperang. Untunglah masih ada Kaleb yang berusaha menenteramkan hati bangsa Israel sekaligus menebalkan keyakinan mereka. Kaleb yakin bahwa kemenangan ada di pihak Israel karena penyertaan Allah (ay. 30). 

Perasaan rendah diri berdampak negatif. Jika perasaan ini menimpa diri kita, waspadalah karena hal itu dapat menghambat kita melakukan hal-hal luar biasa. Jangan pernah menganggap diri kita sebagai “belalang”, tetapi sebagai orang yang disertai Allah. Bersama Allah, hal sederhana yang kita lakukan dapat memberi dampak luar biasa.

—GHJ/www.renunganharian.net


CARA PANDANG YANG KELIRU AKAN MENGHASILKAN RESPONS YANG KELIRU


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: