100 Tahun Injil Masuk Toraja

1 2 3 4 5 Rating 5.00 (1 Vote)
AddThis Social Bookmark Button

100 Tahun Injil Masuk Toraja (IMT)

“... Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan ... “(Roma 1:16). Perkataan firman Tuhan ini telah terbukti di Toraja—dan di dalam diri orang Toraja. Tahun 2013, Gereja Toraja akan akan merayakan seratus tahun Injil Masuk Toraja (IMT), yang ditandai dengan momen awal, yaitu baptisan pertama 16 Maret 1913, di Makale.

Saat itu, para penginjil memenuhi panggilan gereja untuk bermisi—menjalankan pesan Tuhan Yesus dalam Matius 9:35: Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar (teaching) dalam rumah-rumah ibadat mereka dan memberitakan Injil Kerajaan Surga (preaching) serta menyembuhkan orang-orang dari segala penyakit dan kelemahan (healing). Melalui paket teaching, preaching, healing, para penginjil berjuang agar orang Toraja menjadi orang yang terdidik, beriman, dan sehat. Dan, orang masyarakat Toraja mewarisi hal itu sampai kini. Karena anugerah Tuhan semata, kita mengalami semuanya. Kemuliaan bagi Dia!

Rangkaian acara menyambut perayaan 100 tahun Injil Masuk Toraja telah di rancang oleh Panitia. Beberapa di antaranya adalah pertemuan-pertemuan reflektif di beberapa tempat di Indonesia guna menjaring partisipasi dalam acara ibadah Syukur pada Maret 2013 nanti.

Semiloka Toraya Ma’kombongan yang diharapkan melahirkan kesepahaman bersama guna membangun Toraja 100 tahun ke depan.

Napak tilas Obor Injil menjelang hari pelaksanaan dan perayaan yang akan dibuka di Makale, 16 Maret 2012. Napak tilas ini akan merunut perjalanan misionaris Anthonio Aris van de Loosdrecht yang terdiri dari beberapa tim.

Setelah itu, obor akan dijalankan menuju jemaat-jemaat yang akan mengadakan ibadah syukur. Obor akan dibawa kembali ke Makale pada acara puncak selama sepuluh hari, dimulai pada 23 Juli 2013 (bertepatan dengan hari wafatnya Anthonio Aris van de Loosdrecht.

Sebagai orang Toraja, mari bertanya: “Sanda saratu”, apakah yang akan kuberikan kepada Tuhan atas segala kebaikannya kepadaku lewat hadirnya Injil di Toraja 100 tahun yang lalu?

Panitia Nasional Syukur dan Perayaan, 100 Tahun Injil Masuk Toraja

Respons: