RESPONS TERHADAP HAL BURUK

1 2 3 4 5 Rating 4.89 (28 Votes)

Baca: Habakuk 3:17-19

Namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. (Habakuk 3:18)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Keluaran 5-7



Seorang pengusaha kristiani ditanya mengenai apa yang dirasakannya ketika sempat mengalami kerugian hingga ratusan juta, sehingga ia harus menjual rumah dan mobilnya. “Saya tidak sedang merugi atau bangkrut. Saya menganggap uang yang terpakai itu—termasuk rumah dan mobil—sebagai biaya pembelajaran bagi usaha yang sedang saya rintis.” Pengusaha tersebut tidak sekadar berpikir dan bersikap positif. Ia sedang memandang “keburukan” yang sedang dialami dengan perspektif sebagai pengikut Kristus. 

Alkitab tidak pernah menyebutkan bahwa kehidupan umat Allah akan senantiasa berlangsung dengan aman, nyaman, dan tanpa masalah. Ada kalanya Allah mengizinkan sesuatu yang buruk terjadi dan Dia ingin melihat respons kita terhadap hal tersebut. Nabi Habakuk mengajarkan seruan doa yang menarik ketika kondisi tak mengenakkan dialami oleh umat Allah: Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang (ay. 17). Kondisi yang direspons dengan ungkapan syukur, pujian, dan sorak-sorai kepada Allah yang menjadi kekuatan dan penyelamat umat-Nya. 

Karya Tuhan tak hanya dapat kita rasakan ketika keadaan serba baik. Ketika kita berada dalam kondisi sulit, tetapi kita mampu bersyukur karena meyakini bahwa Allah tak pernah meninggalkan kita, itu pun merupakan karya Allah! Nyanyian yang Habakuk lantunkan, dapat menginspirasi kita untuk melakukan hal yang sama, terutama pada masa-masa sulit. Maukah Anda melakukannya?

—GHJ/www.renunganharian.net


PERSEPSI YANG BENAR MENGENAI KARYA ALLAH,
AKAN MEMUNCULKAN RESPONS YANG BERBEDA SAAT KESULITAN MELANDA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.