DISERTAI TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.20 (50 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KEJADIAN 39

Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya …. (Kejadian 39:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 4-6



Banyak hal sangat buruk menimpa Yusuf: diceburkan ke sumur, dijual oleh kakak-kakaknya, dijadikan budak di Mesir, dipisahkan dari keluarga, dipenjarakan justru karena berbuat baik, dan banyak lagi. Dia pasti sangat menderita. Namun tak sepatah pun ia mengeluh. Seakan tak ada hal buruk menimpanya, seolah semua baik-baik saja, Yusuf selalu bersikap positif, dan menjadi berkat di mana pun ia hadir.

Bagaimana Yusuf bisa begitu? Pasti karena sesuatu yang dia yakini dan dia hidupi. Bahkan, karena sesuatu yang menghidupi dia. Apa itu? Karena “Tuhan menyertai Yusuf” (ay. 2). Penyertaan Tuhan menjadi benteng jiwani yang membuat tak satu hal pun menggoyahkan Yusuf, menjadi sandaran kokoh yang menolong Yusuf tetap tegak meski puting beliung memilin hidupnya.

Memang, disertai Tuhan tidak membuatnya lepas dari niat jahat saudaranya, tidak menghindarkannya dari menjadi budak, tidak meluputkannya dari fitnah yang menyurukkannya ke penjara. Disertai Tuhan tidak membuatnya steril dari masalah dan derita. Tetapi, penyertaan Tuhan menjadi batu karang yang membuat jiwanya sentosa betapa pun badai menerjang, menjadi kekuatan yang memampukannya memikul semuanya, dan tetap bersukacita meski bertubi masalah menindihnya.

Andai kata ada yang memberi, bukankah Anda senang memiliki sesuatu yang Yusuf miliki itu? Andai kata ada yang menuntun, bukankah Anda senang belajar memiliki itu? Atau, jangan-jangan, kita sebenarnya bisa memohon Tuhan memenuhi hati kita dengan semua itu? Biarlah hati kita menjawabnya.

—EE/www.renunganharian.net


PENYERTAAN TUHAN ADALAH SANDARAN KOKOH YANG MEMBUAT ORANG
TETAP TEGAK MESKI PUTING BELIUNG MEMILIN HIDUP


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.