Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

DAMAI DI TENGAH BADAI

1 2 3 4 5 Rating 4.32 (22 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Matius 8:23-27

Ia berkata kepada mereka, "Mengapa kamu takut, hai kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus membentak angin dan danau itu, sehingga danau itu menjadi teduh sekali. (Matius 8:26)


Bacaan Alkitab Setahun:
Roma 8-10



Banyak penduduk negeri ini yang bertekun sebagai nelayan. Namun, tidak sedikit pula yang tidak hidup di laut dan belum pernah mengalami gelombang laut yang ganas. Sebaliknya, ada sebagian orang yang kehilangan anggota keluarga karena keganasan taufan di laut. Nah, petikan kisah Yesus ini tentu menyiratkan makna yang berbeda bagi kita masing-masing. Namun, di balik kejadian itu, ada suatu kebenaran abadi yang dapat menjadi penghiburan bagi kita semua. Menurut teolog William Barclay, peristiwa itu menunjukkan bahwa "di mana ada Yesus, maka gelora dan angin ribut kehidupan pasti tenang dan teduh."

Kala bertiup angin kesedihan yang gelap menggetarkan, kehadiran Yesus pasti membawa penghiburan dan ketenangan. Kala angin ribut kemarahan yang meluap-luap datang menggelora di hati kita, kehadiran Yesus pasti membawa kedamaian dan ketenteraman. Kala angin ribut keragu-raguan bertiup seolah ingin mencabut iman kita dari akarnya, kehadiran Yesus membawa keteguhan hati.

Murid-murid yang mengalami mukjizat ini terpesona karenanya. Mereka berkata, "Siapa sebenarnya orang ini, sehingga Ia memberi perintah kepada angin dan air dan mereka taat kepada-Nya?" (ay. 25). Dia adalah Tuhan Sang Pencipta alam semesta. Dia berkuasa mengatur dan mengendalikan alam. Dia juga berkuasa menjaga kehidupan kita, anak-anak-Nya yang bersandar kepada-Nya. Terlebih ketika takut dan berseru kepada-Nya, "Tuhan, tolonglah, kita binasa" (ay. 24).

Seperti para murid, kita pun akan terpesona oleh-Nya.—SST

KALA BADAI HIDUP MENERJANG,
AMANLAH JIWAKU BERLINDUNG PADA-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: