Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

WAKTU LUANG

1 2 3 4 5 Rating 4.68 (22 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Efesus 5:1-21

... dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. (Efesus 5:16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Roma 11-13



Tingkat kriminalitas di suatu daerah kerap berkaitan dengan tingkat pengangguran di sana. Dengan semakin banyaknya orang yang menganggur, semakin banyak orang yang terpaksa melakukan tindak kejahatan untuk mencukupi kebutuhannya. Selain itu, orang yang menganggur biasanya memiliki banyak waktu luang sehingga mudah tergoda untuk melakukan kegiatan yang merugikan.

Tetapi, persoalan waktu luang ini bukan hanya berlaku bagi mereka yang tidak punya pekerjaan tetap. Jujur saja, kita yang memiliki pekerjaan tetap pun sering mengisi waktu luang dengan kegiatan yang tidak berguna atau bahkan merusak. Bagaimana kita berlibur? Apakah kita bermalas-malasan saja sepanjang hari? Atau, malah mengisinya dengan menonton film porno, berjudi, mabuk-mabukan, dan aneka aktivitas buruk yang lain?

Paulus mengingatkan kita untuk bijaksana dalam menggunakan waktu yang ada. Ada potensi kejahatan yang mengintai jika kita tidak mempergunakan waktu dengan baik. Selain itu, memang sudah menjadi tanggung jawab kita untuk memakai waktu yang Tuhan karuniakan untuk mengerjakan hal-hal yang sesuai dengan kehendak-Nya.

Secara praktis, kita bisa menuruti nasihat ini dengan mengisi waktu kita dengan kegiatan yang berguna dan produktif. Sebagai contoh, daripada bermalas-malasan seharian penuh, lebih baik kita berkumpul bersama keluarga dan orang-orang yang kita kasihi untuk mempererat tali kasih yang ada. Kita juga dapat membaca buku yang bermutu. Dan masih banyak lagi pilihan aktivitas yang berguna.—ALS

WAKTU DIMAKSUDKAN UNTUK DIISI DENGAN KEBAIKAN,
BUKAN DISIA-SIAKAN DALAM KEJAHATAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: