Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

TETAP PRIMA

1 2 3 4 5 Rating 4.20 (25 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Filipi 2:12-18

Tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir. (Filipi 2:12)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Korintus 5-8



Ketika menonton salah satu episode Berpacu dalam Melodi di TVRI, saya terharu. Bintang tamunya Ernie Djohan, penyanyi yang telah 50 tahun malang-melintang di blantika musik Indonesia. Namun, masa keemasannya sudah lewat. Ia tak lagi memproduksi album baru. Saya bayangkan, ia sesekali hanya tampil di panggung kecil dari kota ke kota. Toh, mudah diduga, ia tekun menjaga kualitas suaranya. Terbukti malam itu ia tampil prima.

Paulus menasihati jemaat di Filipi agar tekun mengerjakan keselamatan. Menariknya, ia memberi catatan: terutama saat ia tidak hadir di antara mereka. Kita sudah dianugerahi keselamatan, dan dipanggil untuk hidup dalam iman selaras dengan anugerah-Nya. Bukan hanya ketika ada orang lain, namun juga ketika sendiri. Bukan hanya ketika keadaan baik, namun juga ketika keadaan tidak mendukung.

Saya jadi malu. Jujur, relatif lebih mudah saya hidup dalam iman ketika bersama dengan saudara seiman yang lain. Atau, saya baru giat belajar firman menjelang berkhotbah dalam suatu persekutuan. Namun, bagaimana saat tidak ada orang yang mengawasi saya? Saat tidak ada yang menolong dan menguatkan saya? Godaan untuk bersikap sembrono atau berputus asa mengetuk di muka pintu.

Seperti penyanyi profesional yang tekun menjaga kualitas suaranya, apakah saya tekun mengerjakan keselamatan dalam keadaan apa pun? Syukurlah, saya tidak perlu mengandalkan kekuatan sendiri. “Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya” (ay. 13).—ARS

KITA DIPANGGIL UNTUK MENGERJAKAN KESELAMATAN BUKAN HANYA
PADA MASA KEJAYAAN, NAMUN JUGA PADA MASA KESUNYIAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: