Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

DIA LEBIH BESAR!

1 2 3 4 5 Rating 4.19 (27 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Bilangan 13:21-14:10

Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka. (Bilangan 14:9)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Yohanes 1-3



Dalam aspek tertentu, kehidupan ini terasa kian menakutkan. Banyak bahaya mengancam. Bukan hanya bencana alam atau berbagai kejahatan, melainkan juga sakit-penyakit dan persoalan ekonomi. Sewaktu-waktu salah satu, beberapa, atau bahkan semua masalah itu bisa saja menimpa kita. Memikirkannya saja sering sudah membuat kita tak berdaya, bukan?

Kekalutan semacam ini juga mungkin yang dulu mencekam kesepuluh pengintai yang baru pulang memata-matai tanah Kanaan. Berbagai masalah di depan tampaknya terlalu besar untuk diatasi sehingga mereka ketakutan (13:28-29). Celakanya, ketakutan ini mereka tularkan pada bangsa mereka sehingga nyaris menggagalkan upaya penaklukan itu sendiri (13:31-32, 14:1-4). Syukurlah, muncul orang-orang seperti Kaleb dan Yosua! Sebagai manusia biasa, mereka tentu juga gentar, tetapi apa yang menjadikan mereka berbeda (13:30, 14:7-8)? Jawabannya: iman mereka, yakni bahwa “mereka pasti mengalahkan musuh” (13:30), sebab “Tuhan menyertai mereka”, sehingga musuh bisa mereka “telan habis” (14:9).

Apakah kita saat ini tengah dirundung masalah yang berat? Bisa jadi. Namun, yang lebih penting, apakah kita memiliki iman seperti Kaleb dan Yosua: bahwa Tuhan jauh lebih besar daripada masalah kita! Di Alkitab, Tuhan berulang-ulang berkata “Jangan takut” untuk menegaskan penyertaan-Nya. Seorang pendeta secara kreatif menuliskan kata “takut” sebagai T(uhan)AKU T(uhan). Ya, Dia ada di kanan dan kiri kita! Jadi, apa yang perlu kita takutkan?—HIS

JANGAN BERKATA, “YA TUHAN, AKU PUNYA MASALAH YANG BESAR”;
BERKATALAH, “HAI MASALAH, AKU PUNYA TUHAN YANG BESAR.”


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: