TURUTILAH TELADANKU

1 2 3 4 5 Rating 4.25 (20 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 Korintus 4:11-21

Akulah yang dalam Kristus Yesus telah menjadi bapakmu karena Injil. Sebab itu aku menasihatkan kamu: Turutilah teladanku! (1 Korintus 4:15-16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amos 6-Obaja 1



Saya mengenal anak laki-laki yang masih kelas 2 SD dan memiliki hobi aneh. Anak seusianya biasanya cenderung menyukai film kartun, tetapi anak ini penggemar sinetron. Meskipun sedang di rumah tetangga atau saudara, ia akan minta melihat sinetron. Ternyata, ibunya suka melihat sinetron percintaan dengan plot cerita yang berlarat-larat dan tidak masuk akal itu, dan anaknya terbiasa menonton bersama ibunya. Yang lebih mengherankan, ibu ini seorang pendeta.

Saat ini makin banyak orang tua memberi teladan buruk. Tak heran kalau orang tua menasihati, anaknya akan menjawab: “Papa dan Mama juga begitu!” Tetapi, krisis integritas seperti ini bukan hanya melanda pemimpin keluarga, melainkan juga pemimpin rohani. Bila bapak rohani kita berlaku buruk, orang biasanya berkata, “Jangan melihat perbuatannya, tetapi simaklah ajarannya!” Namun, hal ini tak berlaku bagi Paulus. Ia melakukan apa yang ia ajarkan sehingga sebagai bapak rohani ia berani berkata pada anak-anak rohaninya: “Turutilah teladanku!”

Perhatikanlah apa yang kita lakukan di depan anak-anak kita. Jangan sampai anak kita meneladani perilaku buruk kita sebagai orangtua. Kita bisa juga menjadi pemimpin atau “bapak” bagi teman dan komunitas tertentu. Biarlah karakter Kristus dinyatakan di dalam dan melalui diri kita sehingga kita dapat menjadi teladan dalam perkataan, perbuatan, kasih, kesetiaan dan kekudusan. Kiranya terang kehidupan kita bercahaya di depan semua orang.—ES

SEPERTI ANAK MENCERMINKAN BAPANYA,
BAIKLAH KITA MENELADANI BAPA SURGAWI KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: