POTENSI KECIL

1 2 3 4 5 Rating 4.30 (50 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yohanes 6:1-15

Di sini ada seorang anak yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apa artinya itu untuk orang sebanyak ini? (Yohanes 6:9)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 37-39



Dalam kisah Yesus memberi makan lima ribu orang, kita mendapatkan pelajaran yang penting. Ternyata, potensi sekecil apa pun dapat bermanfaat apabila dipersembahkan untuk pekerjaan Tuhan. 

Ada dua orang murid yang disebut namanya dalam kisah ini, yakni Filipus dan Andreas. Ketika Tuhan Yesus bertanya, “Di manakah kita akan membeli roti, supaya mereka dapat makan?”, Filipus menjawab, ”Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja.” Jawaban Filipus ini mencerminkan sikapnya yang membatasi diri dengan potensi yang ada ketika menghadapi masalah.

Sedangkan Andreas, sebagaimana ia pernah membawa Simon, saudaranya, kepada Yesus, kali ini ia membawa seorang anak yang memiliki lima roti jelai dan dua ikan kepada Yesus. Sekali lagi Andreas berfungsi sebagai pengantara. Bukankah ini langkah yang tepat? Namun, sebagaimana Filipus, Andreas juga mengecilkan arti potensi yang ada, ”Tetapi apa artinya itu untuk orang sebanyak ini?”

Walaupun demikian kita mengetahui akhir kisah ini, yakni bahwa pemberian anak tersebut, di tangan Yesus, menjadi berkat bagi lima ribu orang. Bahkan tersisa dua belas bakul. Potensi sekecil apa pun, di tangan Yesus dapat menjadi berdaya guna besar untuk pekerjaan Tuhan bagi kesejahteraan sesama.

Jadi, jangan sekali-kali kita meremehkan potensi seperti itu. Letakkan di tangan Tuhan. Dia tidak terbatasi oleh jumlah, dan Dia rindu memberkati umat-Nya. Selanjutnya, biarlah mukjizat-Nya terjadi.—HPG

DALAM TANGAN TUHAN, HAL YANG KECIL ITU BISA JADI BESAR;
SEBALIKNYA, TANPA TUHAN, HAL YANG BESAR PUN BISA JADI KECIL


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: