SEMUA ORANG BERDOSA

1 2 3 4 5 Rating 4.79 (24 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 Yohanes 1:5–2:2

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. (1 Yohanes 1:9)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Raja-Raja 21-22



Ketika saya kelas 5 SD, sekolah kami mempunyai peternakan ayam petelur. Suatu pagi yang sepi, saya melihat sebutir telur berada di depan sebuah kandang. Saya mengambilnya dan menyembunyikan di dalam tas. Pulang sekolah, saya menunjukkan telur tersebut dengan bangga kepada ayah yang menjemput. “Tadi nemu di kandang,” jawab saya ketika ayah menanyakan asal telur tersebut. Ayah memegang pundak saya dan berkata, “Itu bukan nemu, tapi mencuri. Itu bukan milikmu.” Saya mengembalikannya dengan tersipu malu.

Tidak ada seorang pun manusia yang layak mengatakan dirinya adalah manusia yang tidak berdosa. Itulah inti dari surat Yohanes. Bahkan pernyataan “bayi yang tak berdosa” bertentangan dengan Roma 5:19, yang menyatakan bahwa ketidaktaatan satu orang telah menjadikan semua orang berdosa. Tetapi, Yohanes juga menulis tentang karunia keselamatan dari Allah. Melalui pengurbanan Yesus, bagi setiap orang yang mengakui dosanya, Allah akan mengampuni dan menyucikannya dari segala kejahatan (ay. 9) 

Roh Kudus menginsyafkan kita akan dosa dan, setelah kita menjadi orang percaya, menuntun kita untuk hidup memuliakan Tuhan. Dalam belajar berjalan dipimpin Roh Kudus, tentu kita masih dapat terjatuh. Syukurlah, Roh Kudus sabar untuk menuntun kita pada pertobatan, memperbarui pikiran kita agar sesuai dengan kebenaran Tuhan, dan memampukan kita menerapkan kebenaran itu. Hari demi hari kita diubahkandalam anugerah demi anugerah, dalam iman kepada iman, dalam kemuliaan yang semakin besar.—WAN

DOSA MEMBUAT KITA TERTUNDUK MALU,
TAPI PENGAMPUNAN ALLAH MENGANGKAT KEPALA KITA UNTUK TERUS MAJU


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: