BALONKU ADA DI MANA?

1 2 3 4 5 Rating 4.23 (22 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Galatia 6:1-10

Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. (Galatia 6:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Raja-Raja 4-5



Motivator meminta peserta seminar meniup balon, menuliskan nama, dan memasukkannya ke sebuah ruangan. Penuhlah ruangan itu dengan 50 balon bertuliskan nama peserta. Kemudian, dalam waktu 5 menit, setiap peserta diminta mencari balonnya sendiri. Hasilnya, semua kerepotan "berenang" di ruang penuh balon itu. Lalu, perintah diubah: peserta mengambil balon acak saja, lalu memberikannya pada orang yang namanya tertulis di balon itu. Hasilnya, dalam 5 menit, semua orang memegang balonnya masing-masing.

Dalam surat Galatia, Paulus menerangkan pertentangan antara hidup sebelum dan sesudah mengenal Kristus. Hidup menurut hokum Taurat berbeda dari hidup menurut Roh. Masing-masing layaknya habitat bagi makhluk hidup. Penghuni sebuah habitat hidup menurut prinsip yang berlaku di situ. Siapa yang mengenal Kristus hidup dalam "habitat" Roh-Nya menurut prinsip atau hukum-Nya. Salah satu hukum Kristus ialah: saling tolong menanggung beban (ay. 2). Dengan cara itulah komunitas kristiani akan hadir dan berdampak. 

Jika dalam sebuah komunitas setiap orang hanya mengejar kepentingan, tujuan, dan kebahagiaannya sendiri, alhasil kekacauan diperoleh. Contoh ekstrim, ketika terjadi krisis ekonomi orang panik membeli bahan pangannya sendiri. Akibatnya kondisi kian buruk dan terpuruk. Sebenarnya hukum Kristus senantiasa berlaku: jika orang mulai memberi, pada gilirannya semua akan mendapat. Kenapa tidak memulainya dari diri sendiri dan menerapkannya dalam komunitas kita?—PAD

JIKA SEMUA HANYA MAU MENGAMBIL, YANG TERSISA IALAH KERIBUTAN.
JIKA SEMUA INGIN MEMBERI, APA LAGI YANG DIPEREBUTKAN?


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: