YANG KUPUNYA

1 2 3 4 5 Rating 4.59 (34 Votes)

Baca: Keluaran 4:1-17

TUHAN berfirman kepadanya: “Apakah yang di tanganmu itu?” Jawab Musa: “Tongkat.” (Keluaran 4:2).


Bacaan Alkitab Setahun:
Yehezkiel 33-36



Banyak orang berpikir akan lebih hebat, efektif, produktif jika mereka punya fasilitas tertentu yang canggih. Jika saya punya komputer pribadi, saya pasti lebih produktif menulis. Jika saya punya kendaraan sendiri, saya pasti lebih rajin ke gereja. Nyatanya, setelah mereka memiliki fasilitas itu, tidak ada peningkatan yang berarti. Terbukti bahwa ‘jika’ itu tak lain adalah dalih atau pembenaran diri belaka.

Ketika Tuhan memanggil Musa untuk membebaskan bangsanya dari perbudakan Mesir, ia merasa tidak punya apa-apa. Tidak ada fasilitas atau keterampilan khusus yang dapat diandalkan untuk menghadapi Firaun. Akibatnya, ia enggan menjawab panggilan itu. Lalu Tuhan menyadarkannya bahwa Dia dapat menggunakan apa yang sudah Musa punyai, bukan apa yang belum atau akan ia miliki. Sepotong kayu di tangannya, yang berfungsi sebagai tongkat gembala, ternyata menjadi alat Tuhan untuk melakukan berbagai mukjizat (ay. 17).

Saat Tuhan memanggil kita, Dia selalu menggunakan apa yang sudah kita miliki. Daud tidak memerlukan tongkat Musa untuk mengalahkan Goliat, melainkan dengan umban (sejenis ketapel) yang sudah mahir ia gunakan. Murid-murid Yesus tidak memerlukan toko roti besar untuk menyuplai makanan bagi 5000 orang lapar, melainkan dengan 5 roti dan 2 ikan yang sudah ada di tangan mereka.

Fasilitas, keterampilan, peluang apa yang kita miliki sekarang? Serahkanlah kepada Tuhan, maka Dia dapat menggunakan-Nya untuk membesarkan nama-Nya melalui hidup kita.HT

DI TANGAN MUSA, SEBATANG KAYU HANYA MENJADI TONGKAT GEMBALA,
TETAPI DI TANGAN TUHAN, BAHKAN MEMBUAT LAUT TERBELAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.