MENANGGUNG BEBAN

1 2 3 4 5 Rating 4.28 (25 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Filipi 4:10-20

Segala hal dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. (Filipi 4:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 21-22



Anak saya (3,5 tahun) gemar mengamati truk, tertarik dengan jumlah bannya, meskipun masih sebatas berkata “bannya banyak” atau “bannya sedikit”. Saya menggunakan kesempatan itu untuk menjelaskan lebih jauh kepadanya bahwa jumlah ban itu sudah dibuat sejak awal, agar truk bisa mengangkut beban. Makin banyak bannya, truk bisa mengangkut beban lebih berat.

Sepanjang pelayanannya, Paulus menghadapi banyak tantangan yang berat. Sekali waktu ia menasihati jemaat Korintus agar dengan sabar menanggung pencobaan, sebab semua itu tidak akan melebihi kemampuan manusia. Kepada jemaat Filipi, yang menjadi saksi bagaimana Paulus memberikan seluruh hidupnya bagi pekerjaan Allah, ia melontarkan kesaksian mencengangkan. "Segala hal dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku” (ay. 13). Dengan kata lain, Paulus hendak menyatakan bahwa kemampuannya menanggung beban, bukan karena kemampuannya. Alkitab versi Bahasa Indonesia Sehari-hari menyatakan: "Dengan kuasa yang diberikan Kristus kepada saya, saya mempunyai kekuatan untuk menghadapi segala rupa keadaan."

Kebenaran ini melegakan kita. Oleh anugerah-Nya, Allah memberi kita kekuatan dan kemampuan untuk menanggung beban, tantangan, persoalan hidup. Lebih dari itu, karena berfokus pada kekuatan yang bersumber dari Allah, kita, seiring dengan pertumbuhan dan pengenalan kita kepada-Nya, akan mengalami kuasa yang diberikan Kristus, seberat apapun beban itu bertambah. Di dalam Kristus, kekuatan untuk melewatinya selalu tersedia.—AHW

MENGENAL KRISTUS MAKIN DALAM MERUPAKAN SUMBER KEKUATAN
SEHINGGA BERAPA PUN BESAR BEBAN TIDAK TERASA MELELAHKAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: