SANG PENJUNAN

1 2 3 4 5 Rating 4.25 (24 Votes)

Baca: Yeremia 18:1-17

Masakan Aku tidak dapat bertindak kepada kamu seperti tukang periuk ini, hai kaum Israel!, demikianlah firman TUHAN. Sungguh, seperti tanah liat di tangan tukang periuk, demikianlah kamu di tangan-Ku, hai kaum Israel! (Yeremia 18:6)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 23-25



Adelaide Pollard, seorang guru Injil keliling, putus asa karena belum mengumpulkan cukup uang untuk menjadi misionaris di Afrika. Ia secara tak sengaja mendengar seorang perempuan tua berdoa seperti ini: “Sungguh Tuhan, apa pun yang akan Tuhan lakukan dengan hidup kami, lakukanlah, karena Engkau memegang hidup kami.” Sepenggal doa itu membuka hati Adelaide dan menyadarkannya tentang arti berserah kepada Tuhan, sang pemilik hidup. Ia lalu menuliskan lagu pujian berdasarkan doa perempuan itu. Nantinya, meskipun hanya sebentar, ia memperoleh kesempatan melayani di Afrika.

Yeremia sempat putus asa karena ketika ia memberitakan pesan Allah, orang Israel justru menolak dan mengancamnya. Allah ingin Yeremia mengenal pribadi-Nya dan apa yang menjadi rencana-Nya. Dan di hadapan Yeremia, Allah menggambarkan diri-Nya sebagai tukang periuk (penjunan) yang sedang membentuk sebuah periuk (umat-Nya). Sebagai penjunan, Allah berhak melakukan apa saja kepada periuk-Nya menurut yang dikehendaki-Nya.

Allah adalah penjunan dan kita adalah tanah liatnya. Setiap orang yang memiliki kesadaran ini akan mengerti bagaimana seharusnya ia menjalani hidup. Sebagai Bapa yang baik, Dia memang mengizinkan kita untuk menyatakan apa pun keinginan hati kita kepada-Nya. Namun kiranya kita dapat belajar agar kita tidak meminta Allah melakukan sesuatu yang menurut kita baik untuk diri kita; tetapi memohonlah kepada Allah untuk melakukan sesuatu yang baik menurut Allah bagi kita.—SYS

ALLAH, SANG PENJUNAN, MEMBENTUK KEHIDUPAN KITA
MENJADI YANG TERBAIK MENURUT KEBIJAKAN-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.