CHOTTO MATTE!

1 2 3 4 5 Rating 4.42 (26 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Lukas 10:25–37

Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. (Lukas 10:27)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ezra 8-9



“Tahan, tunggu dulu!” Yukio Shigie, 70 tahun, tak sempat mengatakan hal itu kepada sahabatnya yang tewas bunuh diri di tebing Tojinbo. Sejak saat itu, Yukio setiap hari memantau dengan menggunakan teropong dan mengamati celah-celah tebing Tojinbo, sebuah lokasi bunuh diri populer di Jepang. Setiap kali ada orang yang hendak bunuh diri, Yukio berkata, “Chotto matte!” (Artinya: Tahan, tunggu dulu!) Lalu segera ia berupaya berdiskusi dan memberikan pengharapan. Setidaknya hingga kini, sudah lebih dari 500 orang terselamatkan karena upayanya tersebut.

Apa yang dilakukan Yukio Shigie mengingatkan saya pada tindakan orang Samaria yang baik hati itu: berhenti melangkah untuk benar-benar memperhatikan orang yang membutuhkan pertolongan darinya. Sementara itu, di pihak lain, ada orang-orang yang sedang sibuk mengejar pengakuan sebagai orang yang baik di hadapan Allah, yaitu orang-orang yang setia beribadah di rumah ibadah. Seorang imam dan orang Lewi lewat di jalan yang sama tempat seseorang tergeletak setengah mati akibat dirampok. Namun, mereka sama sekali tak berhenti dan bahkan melewati orang itu (ay. 31-32). 

Banyak orang di sekitar kita mengalami penderitaan. Akankah kita hanya “meneropong saja” sebagai orang-orang yang beribadah kepada Allah? Ataukah kita akan berbuat kasih dengan menahan penderitaan sesama kita, agar penderitaan itu tidak menghancurkan mereka? “Tahan, tunggu dulu! Aku mengasihimu, saudaraku!” Kiranya kita dikuatkan untuk bersikap demikian.—GIE

MENAHAN DENGAN KASIH AGAR PENDERITAAN
TAK MENGHANCURKAN HIDUP SESAMA KITA MERUPAKAN KEHENDAK-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.