BUKAN KEBETULAN

1 2 3 4 5 Rating 4.69 (16 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Ezra 1:1-11

Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini. (Ezra 1:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ester 1-3



Begitu banyak pengalaman hidup dalam perjalanan kita. Suka duka silih berganti singgah memberi warna. Namun, tidak jarang kita menganggapnya hanya sebuah kebetulan semata. Misalnya, kita telah berjam-jam berdiri di pinggir jalan menunggu bus yang tidak kunjung datang, tiba-tiba ada mobil berhenti dan menawarkan tumpangan. Sopirnya ternyata teman lama yang kebetulan lewat. Jadilah kita mendapat tumpangan tanpa membayar pula! Kita kerap menyebut hal ini adalah kebetulan semata. 

Berbeda jika kita melihatnya dari kacamata iman. Banyak peristiwa sesungguhnya sudah diatur oleh Allah. Sebagian orang mungkin menganggap peristiwa penaklukkan raja Babel oleh raja Koresh (Persia) hanyalah peristiwa historis-politis biasa. Tetapi, penulis kitab Ezra meyakini bahwa Allah juga yang menata semua peristiwa itu begitu teratur. Dialah yang menggerakkan hati Koresh untuk membebaskan bangsa Israel yang dibuang di Babel pulang kembali ke Yerusalem. Allah sebagai raja semesta alam mampu menggerakkan siapa pun untuk penggenapan sejarah keselamatan yang Dia rencanakan.

Keyakinan akan campur tangan Allah dalam hidup kita dapat meneguhkan hati dalam menghadapi persoalan. Kita juga belajar melihat segala peristiwa dari kacamata ilahi, bukan dari kaca mata manusia. Ketika peristiwa buruk terjadi pun, hati kita tidak menjadi lemah; sebaliknya, kita makin dikuatkan karena kita meyakini campur tangan Allah yang turut bekeja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan.—SYS

DALAM PERISTIWA BURUK PUN, ALLAH TURUT BEKERJA
UNTUK MENYATAKAN RENCANA-NYA YANG INDAH BAGI KEHIDUPAN UMAT-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: