KEAJAIBAN SUDUT PANDANG

1 2 3 4 5 Rating 4.32 (19 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 Raja-raja 6:8-18

Lalu berdoalah Elisa: "Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat." Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa (2 Raja-raja 6:17)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ayub 9-12



Ketika pesawat tinggal landas dan naik semakin tinggi, anak saya yang masih kecil menunjuk dengan jari mungilnya. Ia berkata, ”Lihat, Bu, rumah-rumah dan pohon-pohon jadi kecil.” Dengan bahasa sederhana, saya menjelaskan bahwa rumah dan pohon itu tetap sama besarnya, namun karena dilihat dari ketinggian lalu seperti mengecil. Benda yang sama dapat terlihat kecil saat dipandang dari tempat dan sudut berbeda. Begitulah keajaiban sudut pandang.

Ketika dikepung Tentara Aram, Gehazi berkata, ”Celakalah, Tuanku! Apakah yang akan kita perbuat?” Elisa men jawab, ”Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita daripada yang menyertai mereka.” Elisa berkata demikian sebab ia mampu melihat persoalan dari sudut pandang yang berbeda. Ia mampu melihat perlindungan Tuhan, yang tidak terlihat dengan mata biasa. Elisa pun berdoa, agar Gehazi dimampukan melihat bahwa mereka dilindungi oleh pasukan berkuda dan kereta berapi. 

Berbagai persoalan dapat diselesaikan atau berkurang dengan cara mengubah sudut pandang. Anggaplah persoalan seperti sebuah benda. Untuk melihatnya dari sisi lain, kita dapat memutar, membalikkan, atau mengintipnya dari sudut tertentu. Doa menolong kita melihat persoalan dari sudut pandang berbeda. Kita akan disadarkan bahwa sesungguhnya kita tidaklah sendirian, melainkan berada dalam pemeliharaan Tuhan. Dengan menyadari keterlibatan Tuhan, kiranya kita dimampukan untuk mencari jalan keluar yang kreatif atas persoalan yang terjadi.—IMS

BERDOA MENOLONG KITA UNTUK MELIHAT
SUATU PERSOALAN DARI SUDUT PANDANG TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: