BELAJAR MENERIMA NASIHAT

1 2 3 4 5 Rating 4.54 (24 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 Timotius 3:10-4:8

Beritakanlah firman… tegurlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat… (2 Timotius 4:2-3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 144-150



Ketika anak kecil melakukan kesalahan, biasanya orangtua akan menasihatinya dengan penuh kesabaran. Mereka membimbing dan mengarahkan anak itu untuk memperbaiki diri. 

Dalam hidup ini, bukan hanya anak kecil yang bisa melakukan kesalahan. Kita pun dapat melakukan kesalahan dan memerlukan nasihat orang lain untuk membimbing kita ke arah yang lebih baik. Namun, seberapa sering kita menerima nasihat itu? Dan, sudahkah kita melakukannya?

Setiap manusia pasti pernah menerima nasihat dari seseorang, terlepas dari baik atau buruk nasihat itu. Paulus juga memberikan nasihat kepada Timotius (2 Tim. 3:10-4:8). Nasihat Paulus bukan untuk menjatuhkan Timotius. Paulus hendak menguatkannya, agar tetap berdiri teguh di tengah masyarakat yang tidak taat pada Allah, menyukai pengajaran palsu dan nasihat yang buruk. Paulus memulai nasihatnya dengan membagikan pengalamannya dalam memberitakan Injil dan mengakhirinya dengan keyakinan bahwa Tuhan yang memampukan Paulus melewatinya. Paulus ingin memotivasi Timotius supaya kuat dan setia dalam pemberitaan Injil serta tetap mengandalkan Allah dalam setiap pengalaman.

Kadang kita menganggap biasa nasihat seseorang kepada kita. Kita tidak setuju ketika nasihat itu tidak seperti yang kita harapkan. Namun, Tuhan dapat menyatakan nasihat-Nya melalui orang di sekitar kita untuk menolong kita supaya tidak salah jalan. Marilah kita belajar menerima nasihat seperti seorang anak kecil yang sadar akan kekurangan dan kelemahannya.—FJH

KITA MEMERLUKAN MASUKAN ORANG LAIN UNTUK MEMPERBAIKI DIRI;
KITA PERLU RENDAH HATI UNTUK MENERIMA NASIHAT MEREKA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.