Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

MEMELIHARA KESATUAN ROH

1 2 3 4 5 Rating 4.09 (23 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Efesus 4:1-16

Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh dalam ikatan damai sejahtera. (Efesus 4:3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yehezkiel 1-4



Pernahkah Anda masuk penjara? Belum, semoga. Bisakah Anda membayangkannya? Apa yang akan Anda lakukan bila seandainya karena iman kristiani Anda, Anda dipenjarakan? Marah? Mengeluh? Bersukacita? 

Dari dalam penjara Paulus menyapa umat dan meneguhkan mereka untuk hidup secara dinamis dalam bersaksi seturut dengan panggilan mereka (ay. 1). Salah satu bentuk panggilan umat adalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera. Memelihara berarti merawat, bukan membiarkan atau bahkan mengacaukan. Kesatuan Roh perlu dipelihara, artinya bisa runyam bila tidak dijaga. Berarti umat perlu mengerti efek negatif yang bisa ditimbulkannya bila hal ini tak terurus sebagaimana yang seharusnya terjadi. Agar teratur, perlu ada pengikatnya. Itulah damai sejahtera, eirene atau shalom, yakni damai yang muncul sebagai akibat dari terperjuangkannya kebenaran dan keadilan. Bukan damai semu, bukan damai buatan, bukan damai karbitan. Bila umat hendak tumbuh aman dalam jerih dan juang, yang harus mereka jaga adalah agar dalam semua relasi dan dalam olah spiritualitas, kita mengupayakan kebenaran dan keadilan dalam kehidupan pribadi dan bersama.

Sudahkah kebenaran dan keadilan menjadi menu dalam keseharian kita, dalam bekerja, berkeluarga, bergereja, bermasyarakat? Bila kita memperjuangkannya, berarti kita termasuk pemelihara umat. Bila tidak, berarti kita termasuk kelompok apatis dalam umat. Apabila kita malah membuang kebenaran dan keadilan jauh-jauh, berarti kita adalah pengacau umat. Nah!—DKL

BAGI MANUSIA SELALU TERSEDIA BANYAK WAKTU DALAM SEHARI
UNTUK MELAKUKAN KEHENDAK ALLAH.--Roy Lessini


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: