Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

MENOLAK LUPA

1 2 3 4 5 Rating 4.19 (27 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Ulangan 4:1-20

Tetapi waspadalah dan berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu. Beritahukanlah kepada anak-anakmu dan kepada cucu cicitmu semuanya itu. (Ulangan 4:9)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yehezkiel 10-13



Dalam perjalanan hidup kita mungkin ada peristiwa masa lalu yang sulit untuk dilupakan. Bisa jadi itu pengalaman yang pahit dan sekaligus telah memberikan pelajaran hidup yang begitu berharga. Peristiwa tak terlupakan itu ibarat monumen sejarah atau tugu peringatan, dan kita berharap tidak perlu mengulanginya kembali. Kita pun menceritakan pengalaman itu kepada anak dan cucu, kiranya dapat menghindarkan mereka dari mengalami peristiwa pahit itu.

Peristiwa di Baal-Peor tentu akan terus membekas di hati bangsa Israel. Ya, Allah mengirimkan tulah dan membinasakan dua puluh empat ribu orang Israel (Bil. 25:9). Peristiwa pahit itu terjadi karena mereka berzinah dengan perempuan Moab dan menyembah berhala bangsa asing itu. Allah pun murka dan menimpakan tulah yang mengerikan. Melalui Musa, Allah mengingatkan orang Israel yang terluput dari tulah itu untuk selalu mengingat peristiwa itu, bahkan menceritakannya turun-temurun kepada anak, cucu, dan cicit mereka. Allah menghendaki agar umat Israel “menolak lupa” terhadap peristiwa yang memilukan itu.

Kita mungkin mengalami sebuah peristiwa memilukan pada masa lalu. Mungkin hal itu terjadi karena kesalahan kita. Bijaksana juga jika kita menolak lupa pada beberapa peristiwa pahit atau memilukan itu, dan membagikan pelajaran yang kita terima dari peristiwa itu pada orang lain. Peristiwa itu dapat mengajarkan kepada kita untuk selalu hidup berpaut kepada Allah dan tidak berpaling dari firman-Nya.—SYS

BEBERAPA PERISTIWA PAHIT MASA LALU MASIH PERLU DIINGAT,
SUPAYA KITA TIDAK TERSANDUNG PADA KESALAHAN YANG SAMA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: