Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

TAK PERNAH GAGAL

1 2 3 4 5 Rating 4.29 (24 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Ayub 42:1-6

Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal. (Ayub 42:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yehezkiel 20-21



Di sebuah mal, saya melihat seorang anak merengek minta dibelikan mainan. Ibunya acuh tak acuh meskipun anak itu terus menarik-narik baju ibunya. Karena tak diladeni, anak itu berpaling merayu ayahnya. 

Kita pun sering berlaku demikian. Ketika keinginan kita tidak dikabulkan, kita akan mencari orang terdekat lainnya untuk memenuhi keinginan itu. Dan, kita menganggap pengabulan permintaan kita sebagai bentuk kasih orang itu. 

Pola yang sama kita pakai untuk menggambarkan relasi kita dengan Tuhan. Ketika Tuhan mengabulkan permintaan kita, kita menganggap Tuhan Maha Pengasih. Sebaliknya, ketika Tuhan menolak permintaan kita, kita beranggapan Tuhan begitu kejam.

Pola relasi kita dengan sesama manusia kita kenakan pada Tuhan. Kita menuntut pertanggungjawaban Tuhan dan memaksa Tuhan memberikan penjelasan yang dapat dipahami logika atas semua persoalan yang menimpa kita. Padahal, Tuhan berhak memberikan jawaban sesuai dengan cara waktu-Nya atau tidak menjawab sama sekali. Maka, tidak mengherankan ketika datang masalah, kita gampang menyerah, cengeng, hilang harapan, lalu protes, dan menjauhi Tuhan.

Berbeda dengan Ayub yang mengerti tentang konsep ketaatan pada Tuhan dan menjalankannya. Tuhan memberi ujian pada Ayub karena Tuhan tahu batas kemampuan Ayub dan yakin Ayub tidak akan menyangkali-Nya. Terbukti, Ayub berhasil menjalani ujian iman tersebut. Jadilah seperti Ayub yang taat dan mengimani bahwa Tuhan sanggup melakukan segala sesuatu dan tidak pernah gagal.—JB

KETIKA KITA MENYAMAKAN SIKAP TUHAN DENGAN SIKAP MANUSIA,
KITA AKAN MENJADI KECEWA KARENA TIDAK MEMAHAMI KARAKTER SEJATI TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: