Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

TAKUT ATAU MAU?

1 2 3 4 5 Rating 4.60 (20 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Roma 13:8-14

Karena perintah: "Jangan berzina, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini," dan perintah lainnya, sudah tersimpul dalam firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!" (Roma 13:9)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yehezkiel 37-39



Sebelum sebuah pesawat atau kapal laut berangkat, biasanya diberikan petunjuk keselamatan kepada para penumpang. Isinya adalah hal-hal yang perlu dilakukan jika terjadi keadaan darurat. Penjelasan yang sangat penting ini mestinya dilakukan dengan serius. Tetapi, ada beberapa maskapai yang seakan melakukannya semata-mata karena takut dihukum jika melanggar undang-undang yang ada, dan bukan karena sadar akan pentingnya hal ini. Mereka melakukannya dengan setengah hati dan terkesan asal-asalan. 

Sama seperti beberapa maskapai tersebut, banyak orang Kristiani yang melakukan firman Tuhan semata-mata karena takut. Mereka takut kalau mereka tidak taat, mereka akan masuk neraka, berkat Tuhan akan menjauh, dicibir oleh komunitas persekutuannya, ditegur oleh pemimpin gerejanya, dan sebagainya. Akibatnya, mereka melakukan firman-Nya dalam keterpaksaan. Apakah ketaatan yang demikian ini menyenangkan hati Tuhan?

Rasul Paulus mengajarkan kita untuk melakukan firman-Nya bukan dalam ketaatan yang dilandasi oleh rasa takut seperti itu, melainkan karena didorong oleh kasih. Kalau kita memiliki kasih, kita akan menjalankan firman Tuhan dengan kerelaan dan kemauan. Bukan itu saja, kasih akan membuat firman-Nya tersebut mengalir secara alami dalam hidup kita. Ketaatan yang demikian, yang didasari oleh kasih yang membuat kita mau dan bukan terpaksa, adalah ketaatan yang sungguh berkenan kepada-Nya.—ALS

TAATILAH FIRMAN TUHAN KARENA KITA MAU, BUKAN KARENA KITA TAKUT


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: