Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

DICIPTAKAN UNTUK KEBAIKAN

1 2 3 4 5 Rating 4.67 (18 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 Petrus 2:1-17

Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka. (1 Petrus 2:12)


Bacaan Alkitab Setahun:
Markus 10-11



Mengapa Yakobus 4:17 mengatakan, “Jadi, jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa”? Kita dapat menelusurinya dari titik awal, dari penciptaan manusia.

Setelah Tuhan Allah menciptakan alam semesta dan pada hari terakhir menciptakan manusia, Dia melihat bahwa semuanya itu sungguh amat baik (Kej. 1:31). Itulah tujuan diciptakannya manusia, yaitu untuk kebaikan. Namun, dosa merusak manusia. Bukan lagi hidup menurut tujuan Allah, yaitu untuk kebaikan, manusia hidup dalam egoisme, keserakahan, kejahatan, keangkuhan, ketidakpedulian, dan pemuasan nafsu.

Untuk memulihkan manusia, Kristus datang ke dunia. Tanpa memperhitungkan kepentingan-Nya sendiri, Kristus menebus dosa manusia (1 Pet. 1:18-23) sehingga oleh-Nya kita dilahirkan kembali (1 Pet. 1:3). Melalui penebusan-Nya, Dia memanggil kita keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib. Dia menjadikan kita bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri. Dan, Dia memulihkan tujuan hidup kita: untuk memberitakan perbuatan-perbuatan Allah yang besar (ay. 9).

Bagaimana kita memberitakan kebesaran Allah? Dengan berbuat baik, agar mereka, yang hidup dalam kegelapan, memuliakan Allah pada hari Dia melawat mereka (ay. 12). Sebaliknya, ketika kita gagal berbuat baik, kita melenceng dari tujuan hidup kita. Itulah signifikansi perbuatan baik. Bukan supaya kita memperoleh pahala, melainkan untuk memenuhi tujuan Allah atas hidup kita.—SST

PENEBUSAN KRISTUS BERTUJUAN MENGEMBALIKAN HAKIKAT KITA
SEBAGAI MANUSIA YANG DICIPTAKAN UNTUK MEMBERITAKAN KEBESARAN ALLAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: