KOK TIDAK BERUBAH?

1 2 3 4 5 Rating 4.33 (24 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yakobus 1:19-27

Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. (Yakobus 1:22)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 1-3



“Saya sudah menjadi jemaat gereja ini selama bertahun-tahun, tapi tidak ada perubahan yang terjadi dalam hidup saya. Saya merasa ditipu,” keluh seorang bapak kepada saya. “Ditipu bagaimana, Pak?” tanya saya. “Ya, di iklannya ‘kan dibilang, ‘Datang dan alami perubahan!’ Tapi mana buktinya?” 

Betapa seringnya kita bersikap seperti bapak itu. Kita datang ke sebuah gereja atau seminar atau pelatihan dengan harapan setelah mengikutinya kita akan mengalami perubahan. Tapi pada kenyataannya, perubahan bukanlah sesuatu yang otomatis terjadi. Harus ada tindakan yang kita lakukan untuk melihat perubahan itu berlangsung. Jika kita tidak melakukan apa-apa untuk berubah, satu-satunya yang berubah adalah otak kita. Kita menjadi orang yang lebih banyak tahu firman karena setiap hari Minggu setia duduk di gereja, namun firman itu tidak mengubah hidup kita. 

Setiap pesan Tuhan yang kita terima baik melalui khotbah di gereja, buku bacaan, maupun perenungan pribadi memang berpotensi mengubahkan kita. Tentu saja, kita perlu melakukan sesuatu untuk menanggapi firman tersebut. Itu berarti mungkin kita harus menyesuaikan cara berpikir kita dengan firman Tuhan yang kita dengar. Atau, mungkin kita harus melepaskan sesuatu atau malah mengembangkan suatu sikap tertentu. Intinya, perubahan tidak akan terjadi bila kita tidak mau berubah. Saat kita merendahkan diri, membuka pikiran kita, dan mengikuti perkataan Tuhan melalui firman-Nya, barulah perubahan mulai terjadi. —DP

FIRMAN ALLAH MEMANG BERKUASA MENGUBAHKAN,
TAPI KITA YANG MEMUTUSKAN AKAN BERUBAH ATAU TIDAK


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: