Sudah terbit: Volume 51!
Sudah terbit: Volume 33!

TANGGUNG JAWAB BESAR

1 2 3 4 5 Rating 4.67 (12 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Keluaran 4:1-17

Lalu kata Musa kepada TUHAN: “Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulu pun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mu pun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah.” (Keluaran 4:10)


Bacaan Alkitab Setahun: 
1 Timotius 1-6



Sebelum meninggal, Ben, paman Peter Parker, mengucapkan kalimat yang sederhana namun makna arti, “Sebuah kekuatan besar selalu dibarengi dengan sebuah tanggung jawab besar.” Perkataan itu membekas dalam diri Peter, dan menjadi semacam kompas moral baginya ketika ia bertualang sebagai Spiderman. 

Musa mendapatkan suatu tanggung jawab besar dari Tuhan Allah untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir. Pada saat itu Musa merasa tidak memiliki kemampuan untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Ia berpikir bahwa untuk menjadi pemimpin bangsa Israel, ia harus pandai bicara, sedangkan ia orang yang tidak fasih berbicara di muka umum (ay. 10). Namun, Tuhan sendiri yang berjanji akan menyertai dan mengajari Musa dalam berkata-kata (ay. 12, 14). Dari awal pelayanan hingga akhirnya Musa meninggal dunia, Tuhan Allah membuktikan bahwa Musa memiliki kemampuan menjadi pemimpin karena Tuhan yang menyertainya. Penyertaan Tuhan menguatkan Musa memikul tanggung jawab itu. 

Jika saat ini kita merasa tanggung jawab yang kita emban begitu berat, percayalah bahwa Tuhan menyertai kita. Dia akan memberi kita kekuatan yang sepadan dengan besarnya tanggung jawab yang dipercayakan-Nya kepada kita. Sebaliknya, jika kita merasa memiliki kemampuan yang besar, namun kita hanya memikul tanggung jawab yang kecil, bersabarlah. Musa pun, sebelum dipanggil menggembalakan bangsa yang besar, belajar setia dan bertanggung jawab sebagai seorang gembala kambing domba. —SPP

KETIKA TUHAN MEMBERI KITA TANGGUNG JAWAB YANG BESAR,
DIA JUGA AKAN MEMPERLENGKAPI KITA DENGAN KEKUATAN YANG SEPADAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: