Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

MENURUT KESANGGUPAN MEREKA

1 2 3 4 5 Rating 4.91 (11 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Matius 25:14-30

Karena itu sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya. (Matius 25:27)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Kejadian 40-42



“Kekuatan yang besar mendatangkan tanggung jawab yang besar pula.” Demikian perkataan paman Peter Parker sebelum meninggal dunia. Satu kalimat sederhana itu mengubah alur kehidupan Peter secara drastis. Ucapan itu menjadi pegangan hidupnya saat bertualang sebagai Spiderman. 

Tidak semua orang mendapatkan kesempatan dan sumber daya yang sama. Tuan dalam perumpamaan ini memberikan talenta kepada setiap hambanya “menurut kesanggupan” mereka masing-masing. Sewaktu pulang tuan tersebut tidak menilai orang berdasarkan jumlah yang mereka dapatkan. Dua orang hamba menerima modal yang berbeda dan menghasilkan laba yang berbeda pula, tetapi keduanya mendapatkan sanjungan yang sama. Tidak demikian dengan hamba yang ketiga. Sang tuan menghardiknya sebagai hamba yang “jahat dan malas.” Mengapa? Sekalipun ia berkelit dan berdalih, pada kenyataannya ia tidak menjalankan tanggung jawabnya dengan semestinya. Maka, bukannya menerima pujian, hamba yang malas ini justru ditimpa murka. Masing-masing orang dituntut sesuai dengan kesanggupannya. 

Tuhan mengaruniakan talenta kepada kita masing-masing “menurut kesanggupan” kita. Apabila seseorang tidak memiliki tangan, tentunya ia tidak akan dituntut merangkul orang yang sedang terluka. Apabila seseorang tidak memiliki harta, tentunya ia tidak akan dituntut untuk mengelola dan melipatgandakannya. Namun, kita dituntut untuk bertanggung jawab berdasarkan talenta yang dikaruniakan kepada kita. —VIN

TALENTA PEMBERIAN TUHAN DIMAKSUDKAN UNTUK
MENGUNGKAPKAN KASIH KITA KEPADA-NYA DAN MEMBERKATI SESAMA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: