DIAMBIL ALIH

1 2 3 4 5 Rating 4.74 (23 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Imamat 16:20-28

Demikianlah kambing jantan itu harus mengangkut segala kesalahan Israel ke tanah yang tandus, dan kambing itu harus dilepaskan di padang gurun. (Imamat 16:22)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Ulangan 3-4



Seorang veteran perang mencari nafkah dengan bermain biola di tepi jalanan Wina. Bertahun-tahun lamanya hingga ia tak sanggup lagi memainkan biolanya. Hanya ini yang bisa ia lakukan: duduk, lesu, dan depresi. Seorang pria yang kebetulan lewat, tergerak oleh belas kasihan. Ia berhenti, memungut biola itu, dan mulai memainkannya. Permainan pria itu mengundang orang-orang berkumpul untuk menonton atraksinya. Tanpa dikomando, orang-orang itu pun memenuhi topi veteran tua itu dengan uang receh. Akhirnya pria itu berhenti bermain, dan pergi. “Siapa orang itu?” tanya veteran tua itu pada orang yang berdiri di dekatnya. Orang itu menjawab, “Kamu tidak mengenalnya? Dia adalah Buckley, pemain biola yang terkenal itu.” Veteran tua itu akhirnya sadar bahwa Buckley telah mengambil alih tempatnya. Buckley, telah ‘mengambil alih’ kemiskinannya, mencari nafkah untuknya, dan berkorban baginya. 

Karya salib Kristus sebagai pengganti telah digambarkan dalam sistem korban Israel pada hari Pendamaian (Im. 16:22). Pada hari pendamaian itu Harun meletakkan kedua tangannya ke atas kepala kambing jantan yang hidup itu dan mengakui di atas kepala kambing itu segala kesalahan orang Israel, apapun juga dosa mereka (Im. 16:21-22). 

Yesus mati di kayu salib demi mengambil alih segala penderitaan kita. Bahkan di kayu salib itu semua kutuk dosa kita ditanggung-Nya. Demikianlah Kristus menemukan kita dalam ketidakberdayaan kita. Yesus mengambil alih kemiskinan kita supaya kita diperkaya oleh-Nya. —SYS

KARENA KASIH-NYA, KRISTUS TELAH MENJADIKAN DIRI-NYA SENDIRI SEBAGAI KURBAN
PENGGANTI DEMI MENGAMBIL ALIH SEGALA PENDERITAAN KITA AKIBAT DOSA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: