PENYERTAAN TUHAN YANG TETAP

1 2 3 4 5 Rating 4.20 (20 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Keluaran 13:17-22

TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam. (Keluaran 13:21)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Mazmur 67-71



Lagu “I will Follow” yang diciptakan Chris Tomlin, Jason Ingram dan Reuben Morgan, sangat populer. Lagu yang berdasarkan Keluaran 13:21-22 dan Lukas 18:22 itu memiliki tema komitmen untuk mengikut Tuhan dalam iman dan penyerahan diri yang total. 

Perikop ini juga mengingatkan kita tentang kisah penyertaan Tuhan kepada bangsa Israel di padang gurun dalam bentuk tiang awan dan tiang api. Tiang api melambangkan kehadiran Tuhan di tengah umat-Nya (ay. 21; Kel. 14:24). Tuhan berbicara dengan bangsa Israel dari dalam tiang api (Kel. 13:17-22). Sedangkan tiang awan melambangkan kemuliaan Tuhan yang selalu menutupi Kemah Pertemuan (Kel. 40:34-35; 1Raj. 8:10-11). Kedua lambang kehadiran Tuhan tersebut terus terlihat sampai bangsa Israel memasuki tanah perjanjian di bawah kepemimpinan Yosua (ay. 22). Penyertaan-Nya yang tetap menunjukkan kasih sayang-Nya yang besar. Dia bertindak sebagai seorang Gembala. Di tengah perjalanan padang gurun yang berbahaya itu, Tuhan tidak mengutus para malaikat-Nya, tetapi Dia sendirilah yang hadir dan memimpin perjalanan mereka. 

Serupa dengan perjalanan bangsa Israel di padang gurun, hidup kita di dunia adalah sebuah perjalanan, yang terkadang menakutkan tetapi juga sekaligus menyenangkan. Bagaimana kita dapat melewati semua tantangan yang ada di depan kita? Kuncinya adalah dengan mengingat Siapa yang sedang bersama dengan kita. Tidak ada satu situasi pun yang akan kita hadapi seorang diri. Allah bersama kita.

—NW/www.renunganharian.net


KITA TAK PERLU TAHU MASA DEPAN YANG AKAN KITA HADAPI;
HANYA PERLU PERCAYA ALLAH MEMIMPIN SELURUH PERJALANAN HIDUP KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: