Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

SILSILAH ANUGERAH

1 2 3 4 5 Rating 4.65 (20 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Matius 1:1-17

Jadi, seluruhnya ada empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus. (Matius 1:17)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yesaya 15-21



Membaca silsilah di dalam Alkitab adalah hal yang dihindari oleh banyak orang. Selain terlihat membosankan, sekilas pandang silsilah seperti tidak memiliki kaitan dengan kehidupan pribadi si pembaca. Namun sebetulnya tidaklah demikian. Silsilah tidak sekadar berbicara tentang susunan nama antar generasi. Silsilah berbicara tentang kuasa dan anugerah Allah yang bekerja dibalik kehidupan orang-orang tersebut. 

42 nama yang terdaftar dalam garis silsilah Yesus Kristus menurut catatan Matius, sebagian besar di antaranya memiliki catatan sejarah hidup yang kelam. Sebut saja di antaranya Salomo dan Manasye yang mewakili raja-raja Israel yang jatuh ke dalam penyembahan berhala dan bahkan Daud dengan skandal pembunuhan dan perzinahannya. Untuk status masa lalu yang serupa, Matius malah menambahkan empat nama wanita non-Yahudi. Dengan kata lain, deretan nama tersebut bukanlah kumpulan orang yang layak berada dalam garis silsilah Sang Mesias. Tak satu pun. 

Kesengajaan Matius ini memberikan pesan penting tentang kasih Allah yang tidak bersyarat kepada manusia berdosa, dan ketidakterbatasan kuasa Allah dalam menggenapi rencana-Nya melalui mereka. Jelas, bahwa baik iblis maupun kelemahan manusia tidak akan pernah dapat menghambat penggenapan rencana penebusan Allah dalam diri Yesus Kristus. Seperti ke-42 nama tersebut, kita semua juga sama sekali tidak layak untuk beroleh hidup dan kehormatan melayani Dia. Namun kasih dan anugerah Allah di dalam Kristus melampaui kelemahan kita. Syukur kepada Allah!

—NW/www.renunganharian.net


TUJUAN HIDUP SEJATI DIBANGUN DARI KESADARAN BAHWA HIDUP BUKAN TENTANG KITA
NAMUN ALLAH YANG BEKERJA DALAM KELEMAHAN KITA BAGI KEMULIAAN-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: