Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

MENGANDALKAN TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.50 (24 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 Samuel 13:23-14:23

“… sebab kalau demikian TUHAN telah menyerahkan mereka ke dalam tangan kita. Itulah tandanya bagi kita.” (1 Samuel 14:10b)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yeremia 32-33



Sebagai orang percaya, kita mengakui kalau Tuhan selalu menyertai kita. Tetapi apakah kita selalu mengandalkan Tuhan dalam segala kegiatan kita? Dalam kenyataannya kita sering mengandalkan kekuatan sendiri atau orang lain. Apalagi kalau segala sesuatu lancar, Tuhan dipinggirkan bahkan dilupakan. Ketika kesulitan atau jalan buntu, barulah Tuhan dipanggil sambil meminta pertolongan. 

Saul adalah raja yang diurapi Tuhan. Akan tetapi Saul tidak melibatkan Tuhan dalam peperangan. Ia terlalu mengandalkan pasukannya. Beda dengan Yonatan, anak Saul. Yonatan menunjukkan bahwa masih ada iman di istana. Di tengah-tengah kisah raja Saul yang egois, haus kekuasaan, dan tidak memedulikan Tuhan, Yonatan tampil sebagai seorang beriman yang tidak mengandalkan banyaknya jumlah tentara, tetapi mengandalkan pimpinan Tuhan. Ia menunjukkan keberanian untuk menyerang tentara Filistin, tetapi ia juga meminta petunjuk dari Tuhan. Ia memberikan instruksi yang jelas kepada ajudannya bahwa hanya jika Tuhan berkenan kepada rencananya maka ia akan melanjutkan rencana itu. 

Pertanyaannya, di manakah Yonatan-Yonatan masa kini, yang beriman dan mengandalkan Tuhan dalam menyaksikan kuasa-Nya kepada dunia? Teladanilah Yonatan. Iman tidak hanya dikatakan saja, tetapi harus diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Jangan memegahkan diri. Merasa pandai, hebat, dan terlalu mengandalkan diri. Merasa bisa tanpa Tuhan. Fakta akan membuktikan bahwa tanpa campur tangan Tuhan, usaha kita akan sia-sia. Kalau tidak percaya? Buktikan!

—ENO/www.renunganharian.net


ALLAH TURUT BEKERJA DALAM SEGALA SESUATU UNTUK MENDATANGKAN
KEBAIKAN BAGI MEREKA YANG MENGASIHI DIA.—Roma 8:28


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: