Sudah terbit: Volume 45!
Sudah terbit: Volume 26!

MINAT BACA YANG RENDAH

1 2 3 4 5 Rating 4.77 (22 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 2 Timotius 3:10-17

Ingatlah juga bahwa sejak kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan melalui iman kepada Kristus Yesus. (2 Timotius 3:15)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Kejadian 40-42



Pertengahan 2016, hasil survei UNESCO memaparkan betapa rendahnya minat baca penduduk Indonesia, yakni hanya 0,001 persen. Artinya, dari seribu penduduk, hanya satu warga negara yang memiliki minat baca! Itu sebabnya, beberapa waktu lalu melalui Gerakan Indonesia Membaca, pemerintah mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan minat baca untuk memperluas wawasan dan memperdalam pemahaman. Seandainya, dilakukan survei mengenai minat baca orang Kristen di Indonesia terhadap Alkitab, kemungkinan besar angkanya juga tidak menggembirakan. Program pembacaan Alkitab yang didengungkan oleh para hamba Tuhan dari balik mimbar, seringkali juga masih sepi peminat. 

Padahal, merujuk pada nasihat Paulus kepada Timotius yang sudah mengenal Alkitab sejak kecil, pengenalan akan firman Tuhan dapat memberi hikmat dan menuntun pada keselamatan kepada Kristus. Paulus juga menegaskan bahwa firman Tuhan bermanfaat untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan, dan mendidik orang dalam kebenaran (ay. 16). Menurut kitab Efesus, firman Tuhan juga disebut dengan pedang Roh, suatu senjata rohani yang dapat dipakai untuk bertahan dan menyerang terhadap semua tipu muslihat Iblis. 

Fakta menunjukkan bahwa kerugian besar dialami oleh siapa pun yang malas membaca, termasuk membaca Alkitab. Lantas bagaimana solusinya? Tak ada cara lain—terutama bagi kita yang belum terbiasa membaca Alkitab secara rutin—kecuali “memaksakan” diri untuk mulai gemar membaca Alkitab. Bagaimana dengan kondisi minat membaca Alkitab yang selama ini kita lakukan?

—GHJ/www.renunganharian.net


KONSISTENSI DALAM MEMBACA ALKITAB
AKAN MEMBAWA KITA SEMAKIN MENGENAL KRISTUS


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: