Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

PERLU KERENDAHAN HATI

1 2 3 4 5 Rating 4.64 (22 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Efesus 5:22-33

Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: Kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaklah menghormati suaminya. (Efesus 5:33)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 7



Hampir sepuluh tahun pernikahan, sang istri selalu mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Kata-kata menyakitkan sampai kekerasan fisik dialami sang istri. Kasus seperti ini juga sering terjadi dalam rumah tangga Kristen. Bukan hanya istri, kekerasan bisa juga terjadi pada suami, anak dan kerabat yang tinggal serumah. Padahal kokohnya sebuah rumah tangga Kristen, terletak pada kesatuan hati, pikiran, jiwa dan tujuan di antara suami istri. Jika kesatuan itu tidak dipelihara maka rumah tangga Kristen sudah berada dalam bahaya.

Rasul Paulus menuliskan nasihat bijak bagi pasangan suami istri. Seorang istri Kristen dengan rendah hati perlu memahami prinsip “kepala” yang tunduk pada suaminya seperti kepada Kristus yang adalah kepala jemaat. Suami juga harus senantiasa mengasihi istrinya dalam segala situasi. Seperti teladan Kristus yang mengasuh, merawat dan mengasihi jemaat-Nya. Rasul Paulus mengajak menaruh tujuan dan pikiran kita hanya pada Kristus.

Dalam sebuah ikatan perkawinan, perlu ada kerendahan hati. Sikap mementingkan diri sendiri dan menganggap yang lain tidak penting, menjadi ancaman dalam hubungan suami istri. Kekerasan hati hanya bisa dilembutkan jika kita saling menghormati. Pertengkaran, rasa iri, sifat ego dan hawa nafsu berasal dari dunia. Karena itu, jangan memberi tempat kepada iblis untuk menguasai hati. Mari kita minta hikmat sorgawi yang membawa damai, penurut dan penuh belas kasih, sehingga buah kerendahan hatilah yang ditaburkan untuk menciptakan kedamaian di dalam setiap rumah tangga.

—JB/www.renunganharian.net


HATI YANG KERAS HANYA DAPAT DILEMBUTKAN
JIKA ADA KERENDAHAN HATI DAN SALING MENGHORMATI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: