JANGAN UBAH STATUSNYA

1 2 3 4 5 Rating 4.76 (25 Votes)

Baca: Lukas 15:11-32

“Kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali.” (Lukas 15:32)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 14-15



Seorang suami ketahuan berselingkuh. Istrinya menceritakan pergumulannya pada sahabatnya. Sahabatnya berkata: “Masih pantaskah kamu menjadikannya suamimu?” Ia terdiam dan menangis. Lalu, ia berkata: “Aku tidak akan pernah mengubah statusnya sebagai suamiku, tetapi aku akan menanti Tuhan mengubahkan hidupnya sehingga sesuai dengan statusnya.”

Sikap istri itu merupakan contoh perwujudan sikap Allah kepada umat-Nya yang tidak setia. Dalam perumpamaan Yesus, Allah diumpamakan sebagai bapa. Ia tidak mengubah status si anak meskipun anak itu mengecewakan hatinya. Meskipun si anak mau menjadi pembantu di rumah itu, bapa justru merayakan kembalinya anak yang hilang itu. Bapa tidak mengubah status anaknya menjadi pembantu.

Demikian halnya dengan kita. Ketika kita jatuh dalam dosa, Allah tidak mengubah status kita dari anak-Nya menjadi pembantu atau orang buangan. Akan tetapi, Dia bekerja dalam hidup kita, mencari kita agar kita mau berbalik, bertobat, dan mengalami perubahan sikap hati.

Kita kadang-kadang menjumpai ada orangtua yang berkata, “Mulai saat ini kamu bukan anakku lagi” ketika si anak mengecewakan atau tidak menuruti nasihatnya. Namun, sesungguhnya yang harus diubah bukanlah statusnya. Bagaimanapun, seorang anak tetaplah anak. Membuang atau tidak mengakuinya sebagai anak tidak akan mengubah keadaan, malah membuatnya makin parah. Tantangan orangtua adalah mendoakan, menasihati, dan membimbing anak itu, agar ia mengalami perubahan sikap hati.

—YKS/www.renunganharian.net


KASIH YANG TULUS TIDAK AKAN MENCAMPAKKAN ORANG YANG BERSALAH,
TETAPI MENOLONGNYA MENGATASI KESALAHAN DAN MEMPERBAIKI KELAKUAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.