Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

PERTANYAAN TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.76 (21 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Markus 10:46-52

“Apa yang kaukehendaki Kuperbuat bagimu?” (Markus 10:51a)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Markus 1-3



Tuhan Yesus bertanya kepada Bartimeus, seorang pengemis buta di Yerikho, “Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?” Mengapa Tuhan yang Mahatahu masih juga bertanya? Ketika Bartimeus berseru, “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!” Yesus tahu kebutuhan di balik seruan itu, tetapi Ia bersikap sangat manusiawi: bertanya. 

Bertanya adalah cara mudah mengetahui sesuatu, cara sederhana mendapat penjelasan tentang apa yang ingin kita ketahui. Ketika Tuhan bertanya, Dia tidak sekadar menginginkan penjelasan, tetapi juga “memanusiakan” Bartimeus. Inilah kearifan yang kita sering abaikan. Kita merasa tahu tanpa harus bertanya, bahkan gemar menjawab sendiri pertanyaan yang kita ajukan. Kita sering “memahami” harapan orang lain tanpa pernah mendengar harapan yang sebenarnya. Kita sering merumuskan kebutuhan orang lain tanpa tahu pasti apa yang dibutuhkan. Yesus tidak bersikap demikian. Dia bertanya, dan Bartimeus menjawab, “Rabuni, aku ingin dapat melihat!” Ternyata bukan sedekah yang diminta Bartimeus, melainkan kuasa Tuhan memulihkan penglihatannya. Saat itu juga ia disembuhkan-Nya. 

Ketika Yesus bertanya tentang kebutuhan Bartimeus, sebenarnya Dia sedang memulihkan harkat kemanusiaan Bartimeus. Bukan hanya menyembuhkan matanya secara fisik, melainkan memulihkan dirinya sebagai manusia yang berani mengungkapkan keinginan dan kebutuhannya. Seperti Yesus, kita dapat berbuat lebih bijak dengan bertanya dan membuka hati untuk mendengarkan harapan atau keinginan orang lain. Semoga.

—ASA/www.renunganharian.net


KESEDIAAN UNTUK BERTANYA SECARA TULUS ADALAH LANGKAH
SEDERHANA UNTUK MENGHARGAI DAN MEMANUSIAKAN SESAMA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: