Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

DOA SAAT TERANCAM

1 2 3 4 5 Rating 4.35 (17 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kisah Pr. Rasul 4:23-31

“Sekarang, ya Tuhan, lihatlah ancaman-ancaman mereka dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian sepenuhnya untuk memberitakan firman-Mu.” (Kisah Pr. Rasul 4:29)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Kisah Para Rasul 7-8



Bayangkan situasi ini: Anda sedang mengalami aniaya fisik dan psikis, diperlakukan tidak adil dan terancam kehilangan nyawa karena Anda beriman kepada Kristus dan membagikannya kepada orang lain. Doa apa yang akan Anda minta? Saya mungkin akan berdoa minta perlindungan, keamanan, serta agar Tuhan “berurusan” dengan mereka yang menganiaya saya. 

Pengalaman jemaat mula-mula menempelak saya. Petrus dan Yohanes ditangkap para pemimpin Yahudi ketika mereka sedang memberitakan Kristus, lalu dimasukkan ke penjara (ay. 1,3). Dalam persidangan, berulang kali mereka diancam untuk berhenti berbicara tentang Yesus (ay. 18,21). Setelah dilepaskan, mereka bergabung dengan jemaat dan menceritakan pengalaman mereka. Mendengar itu, seluruh jemaat berdoa. Simaklah isi doa mereka (ay. 24-30). 

Mereka menyadari apa yang mereka alami telah dinubuatkan Kitab Suci (ay. 26). Jadi ketika para penguasa bersekongkol hendak membungkam mereka, mereka tidak lagi merasa heran. Uniknya, mereka tidak berdoa untuk perlindungan dan keselamatan, malahan meminta keberanian untuk bersaksi serta agar kuasa dan mukjizat Allah menyertai pelayanan mereka. Tak heran mengapa jemaat mula-mula berkembang begitu pesat. 

Minggu pertama dan kedua bulan November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Doa Sedunia untuk Gereja Teraniaya (International Day of Prayer for the Persecuted Church). Mari berdoa bagi saudara-saudari kita yang teraniaya karena imannya, agar melalui kesaksian mereka, banyak orang mendengar karya Kristus dan beriman kepada-Nya.

—HT/www.renunganharian.net


“DARAH PARA MARTIR ADALAH BENIH GEREJA.”—Tertulianus


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: