Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

BERKAT DI BALIK PENGAKUAN

1 2 3 4 5 Rating 4.77 (26 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Mazmur 51

Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku. (Mazmur 51:5)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Filipi 1-4



Dua pemuda tertangkap basah mencuri gandum kerajaan. Keduanya kini dihadapkan kepada raja. “Tuanku raja tidak becus memerintah! Buktinya, aku kelaparan sampai harus mencuri!” kata pemuda pertama. Sebaliknya, pemuda kedua terus memohon belas kasihan raja. “Ampuni hamba, tuanku Raja!” katanya. Raja lalu melepaskan pemuda kedua, tetapi memenjarakan pemuda pertama. Mengapa? Karena bukannya mengakui kesalahan, ia justru mempersalahkan raja! 

Ketika nabi Natan menegur kesalahan Daud, ia tidak berusaha membela diri. Sebaliknya, Daud sepenuhnya menyadari dan mengakui pelanggaran itu di hadapan Allah (ay. 5). Meskipun hatinya diliputi penyesalan, hari-hari kesalahannya tidak dapat diputar ulang. Dengan penuh kerendahan hati, Daud berdoa memohon belas kasihan Allah (ay. 3). Bagaikan tubuh kotor penuh lumpur, ia rindu Allah membersihkan dirinya. Ibarat helaian kain kumal, ia meminta Allah membasuh kesalahannya (ay. 9). Semua itu dilakukan Daud karena ia tidak ingin kehilangan satu hal berharga, yakni roh Allah di dalam dirinya (ay. 13). 

Kehidupan kita tidak terlepas dari pelanggaran. Intinya, tidak seorang pun kebal terhadap dosa! Tetapi apabila kita sudah menyadari kesalahan, kita tidak perlu membela diri, apalagi menyalahkan orang lain dan keadaaan. Sebaliknya, kita harus mengakui, memohon pengampunan, serta berusaha untuk tidak mengulanginya lagi. Dan seperti Daud, kita dapat mengajar orang-orang yang telah melakukan pelanggaran bagaimana cara untuk kembali kepada Allah (ay. 15).

—LIN/www.renunganharian.net


MENYADARI KESALAHAN ITU BIASA, TETAPI MENGAKUI, MEMINTA PENGAMPUNAN,
DAN BERUSAHA UNTUK TIDAK MENGULANGI LAGI ADALAH PERKARA LUAR BIASA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: