Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

BUKAN JASA KITA

1 2 3 4 5 Rating 4.62 (29 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Ulangan 9

“Jadi ketahuilah, bahwa bukan karena jasa-jasamu TUHAN, Allahmu, memberikan kepadamu negeri yang baik itu untuk diduduki. Sesungguhnya engkau bangsa yang tegar tengkuk!" (Ulangan 9:6)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Ester 8-10



“Kelakuan orang itu buruk sekali. Kenapa Tuhan masih pakai dia, ya?” Pertanyaan ini tidak jarang terlontar ketika melihat orang yang tidak kita sukai ternyata diberkati Tuhan. Di sisi lain, pertanyaan demikian dapat juga menunjukkan bahwa diri kita merasa lebih baik dibanding orang lain. Bagaimanakah kenyataannya? 

Di hadapan Tuhan, kita sebetulnya juga adalah orang-orang yang menyebalkan. Sering kita berjanji tidak akan melanggar perintah Tuhan, toh kita jatuh dan jatuh lagi pada dosa yang sama. Kita mengatakan bahwa kita mengasihi-Nya, namun di saat yang sama kita membenci dan berlaku kejam terhadap orang lain. Terlalu sering kita berlaku tidak setia kepada Tuhan dan sesama. Kita lebih suka bertindak sesuai dengan jalan pikiran kita daripada menaati kehendak-Nya. Hal yang sama juga terjadi pada bangsa Israel. Ada sederet kesalahan yang membuat TUHAN gusar (ay. 8, 16, 22, 23). Israel melawan Tuhan yang telah membawa mereka keluar dari Mesir. Mereka menyembah kepada lembu emas buatan mereka sendiri. Mereka juga tidak percaya janji Tuhan sehingga tidak berani menduduki negeri yang Tuhan perintahkan. 

Namun karena Tuhan itu kasih, Ia mengampuni kita. Tidak hanya itu, Ia juga menebus kita, bahkan menggandeng kita sebagai rekan sekerja-Nya. Karena itu kita juga tidak perlu kesal pada orang lain yang Tuhan pedulikan. Sebab bila kita dan mereka dipercaya hingga kini, hal itu bukan karena kebaikan kita. Melainkan karena Tuhan menyatakan kebaikan-Nya kepada kita sekalian.

—HEM/www.renunganharian.net


BUKAN OLEH JASA KITA, MELAINKAN OLEH KASIH TUHANLAH
KITA MASIH DIPAKAI DAN DIBERKATI-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: