Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

TELADAN DAN DOA ORANG TUA

1 2 3 4 5 Rating 4.94 (16 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Ayub 1:1-5

Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah berlalu, ... Demikianlah dilakukan Ayub senantiasa. (Ayub 1:5)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Ayub 5-8



Salah satu harapan manusia adalah mencapai kesempurnaan hidup. Ukuran yang umum digunakan adalah: kaya raya, baik hati, dan memiliki anak laki-laki dan perempuan. Anggapan umum juga beranggapan bahwa anak orang kaya biasanya dimanjakan dengan harta dan fasilitas dari orang tuanya. Tetapi kurang perhatian dan waktu dari ayahnya, sehingga membuat mereka nakal. Apakah anggapan ini benar adanya? 

Dengan melihat kehidupan Ayub, dapat dikatakan bahwa Ayub telah mencapai kesempurnaan hidup menurut ukuran umum. Malah ia bukan sekadar baik hati, ia juga jujur, takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ayub adalah orang terkaya di wilayah timur. Ayub memiliki tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan, yang hidup dengan rukun. Sebagai orang kaya, Ayub pastilah sibuk, tetapi dia tidak melupakan tugasnya sebagai seorang ayah. Ia sangat memperhatikan kehidupan anak-anaknya. Maka ketika mereka usai mengadakan pesta, Ayub bertindak sebagai seorang imam yang memohon pengampunan Allah atas dosa-dosa yang mungkin saja mereka lakukan saat berpesta. 

Ayub adalah teladan yang sangat baik bagi kita sebagai orang tua, terutama yang memiliki anak yang beranjak dewasa dan melangkah ke dunia luas. Dalam usia seperti itu, anak tidak bisa lagi dinasihati seperti ketika mereka masih kecil. Mereka sudah memiliki keinginan dan pertimbangan sendiri. Maka yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan membawa mereka di dalam doa kepada Allah. Mereka mungkin saja berada di luar jangkauan kita, tetapi dengan teladan dan doa kita dapat memercayakan mereka ke dalam tangan Allah yang kuat.

—ENO/www.renunganharian.net


ANAK-ANAK TIDAK BISA MENDENGARKAN ORANG TUA DENGAN BAIK,
NAMUN MEREKA TIDAK PERNAH GAGAL UNTUK MENIRUNYA.—James Baldwin


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: