Sudah terbit: Volume 57!
Sudah terbit: Volume 33!

BERKAT DI KUCURAN KERINGAT

1 2 3 4 5 Rating 4.76 (29 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kejadian 30:25-43

“Hari ini aku akan lewat dari tengah-tengah segala kambing dombamu dan akan mengasingkan dari situ setiap binatang yang berbintik-bintik dan berbelang-belang; segala domba yang hitam dan segala kambing yang berbelang-belang dan berbintik-bintik, itulah upahku.” (Kejadian 30:32)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Yeremia 32-33



Cukup sering dipertentangkan apakah keberhasilan itu karena usaha keras manusia atau berkat Allah. Satu pihak berpendapat bahwa tanpa usaha manusia berkat Allah tidak bakal turun. Pihak yang lain mengatakan bahwa jika tidak diberkati Allah, maka usaha sekeras apa pun akan sia-sia. Lalu, menurut iman Kristen, pendapat mana yang benar? Marilah kita cari jawabannya. 

Yakub sudah mendapatkan apa yang diinginkan, tetapi karena diminta bekerja lagi oleh Laban maka ia pun berpikir keras agar kali ini pekerjaannya memberi hasil yang lebih banyak baginya. Ia memberi syarat yaitu kambing yang lahir dengan bintik/belang dan domba dengan warna hitam adalah ternak yang akan menjadi bagian yang dia miliki. Umumnya, kambing memiliki warna gelap sedangkan domba umumnya berwarna putih. Laban menganggap akan lebih diuntungkan dalam perjanjian ini, maka dengan cepat ia menyetujuinya. Namun apa yang terjadi? Yakub malah memperoleh banyak kambing dan domba sehingga harta Yakub menjadi semakin banyak. Apakah keberhasilan Yakub semata-semata disebabkan oleh kecerdikannya? Ternyata Yakub pun percaya bahwa Allahlah yang telah memberkati dirinya. 

Pengalaman Yakub ini mengajarkan kepada kita bahwa kita tidak bisa hanya berpangku tangan dan berharap berkat Tuhan turun dari langit. Untuk berhasil, kita juga harus bekerja dengan menggunakan kecerdikan kita sambil memohon agar Tuhan memberkati usaha kita. Sebab keberhasilan itu kita peroleh tidak semata-mata karena usaha keras kita, melainkan karena Allah berkenan untuk memberkati usaha kita.

—ENO/www.renunganharian.net


DOA TANPA USAHA ITU BOHONG. USAHA TANPA DOA ITU SOMBONG.


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: