PERCERAIAN

1 2 3 4 5 Rating 4.44 (45 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Maleakhi 2:13-16

Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel—juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat! (Maleakhi 2:16)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Bilangan 12-13



Dengan nada gusar, suatu kali istri saya bercerita tentang seorang wanita yang dikenalnya berencana bercerai dengan suaminya. “Kenapa ya kok sepertinya semakin banyak orang Kristen yang bercerai?” ujarnya dengan muka sedih. Kegalauannya cukup berdasar, karena laporan rencana perceraian itu bukanlah yang pertama kalinya ia terima. Seorang sahabatnya juga pernah menyatakan keinginannya hendak bercerai karena tak tahan dengan pergumulan dan masalah yang dialami dalam rumah tangganya. “Mungkin hal itu terjadi dipicu karena suara gereja juga tidak sepakat mengenai perceraian,” ujar saya singkat. 

Mengenai perceraian, kebenaran firman-Nya dengan jelas berkata: “Allah membenci perceraian!” Allah tidak membenci orang yang bercerai, tetapi keputusan untuk bercerailah yang tidak Ia sukai. Jika kita cermati nas renungan hari ini, ada yang menarik. Bukankah tindakan kekerasan dalam rumah tangga, kegagalan menjaga diri (baca: kepercayaan), dan pengkhianatan terhadap komitmen janji pernikahan adalah tiga perkara yang sering kali menjadi penyebab adanya perceraian? Atau dengan kata lain, ketika pasangan saling mengasihi, dapat menjaga kepercayaan pasangan, dan berteguh hati menjaga komitmen sampai maut memisahkan, niscaya perceraian takkan pernah menyentuh pernikahan Kristen! 

Jadi, bagi kita yang sedang mengarungi bahtera rumah tangga bersama pasangan, kiranya nas renungan hari ini menjadi pengingat sekaligus pendorong untuk menjaga pernikahan kita, supaya dunia ini melihat ada yang berbeda dalam pernikahan Kristen!

—GHJ/www.renunganharian.net


DALAM PERNIKAHAN, KOMITMEN PASANGAN DIKUATKAN
OLEH KASIH ALLAH DAN KEHADIRAN YESUS


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: