BERSAKSI DENGAN BERAKSI

1 2 3 4 5 Rating 4.18 (22 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Filipi 4:14-20

Namun baik juga perbuatanmu bahwa kamu telah mengambil bagian dalam kesusahanku. (Filipi 4:14)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Bilangan 21-22



Ada beberapa hal yang sering kali dijadikan pertimbangan seseorang dalam melakukan kebaikan. Salah satunya adalah memikirkan untung rugi. Sebelum bertindak, mereka melihat apakah orang lain pun melakukan kebaikan serupa? Perbuatan orang lain menjadi ukuran, perlu tidaknya berbuat baik. Jika orang lain tidak melakukannya, ada alasan untuk membela diri ketika tidak menyatakan kasih. Tak heran jika sebagian orang melakukan kebaikan hanya sebatas balas budi. Terhadap orang yang tidak dikenal, bersikap abai pun dipandang lumrah. 

Jemaat Filipi melakukan kebaikan tanpa bertanya atau membandingkan dengan yang dilakukan orang lain. Mereka menunjukkan kepedulian pada Paulus meski tidak ada jemaat lain yang melakukan hal serupa. Tentu saja hal ini sangat menyukakan hati Paulus. Bukan hanya karena mendapat pemberian! Lebih dari itu, kepedulian jemaat yang dinyatakan melalui aksi nyata itu menunjukkan keberhasilan pengajaran Paulus! Pernyataan kasih adalah buah yang menandakan adanya pertumbuhan iman jemaat Filipi. 

Hakikat belarasa dalam kehidupan orang percaya bukan hanya sebatas rasa simpati atau empati. Kehidupan iman perlu dinampakkan melalui kerelaan melakukan sesuatu yang dapat kita lakukan guna menolong sesama tanpa memperhitungkan untung rugi. Di tengah maraknya ucapan, dukungan atau motivasi melalui media sosial yang praktis dan ekonomis, semoga kita masih menjadi orang yang rela meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan juga sebagian berkat pemberian Tuhan untuk menyatakan kasih kepada sesama.

—EBL/www.renunganharian.net


KESAKSIAN MURID KRISTUS TAMPAK DARI PERBUATAN MEREKA
YANG MEMILIKI KEPEDULIAN DALAM TINDAKAN NYATA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: