BUKTI RESPONS KITA

1 2 3 4 5 Rating 4.41 (32 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Yohanes 12:1-8

Lalu Maria mengambil setengah liter minyak narwastu murni yang mahal sekali, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau semerbak minyak itu memenuhi seluruh rumah itu. (Yohanes 12:3)


Bacaan Alkitab Setahun: 
1 Samuel 12-14:23



Lazarus, Marta, dan Maria adalah tiga bersaudara yang memberikan sambutan yang begitu baik ketika Yesus singgah di rumah mereka. Marta, melayani Yesus dengan menyediakan makanan. Lazarus duduk menemani Yesus makan. Namun Maria menunjukkan responsnya dengan tindakan yang mengejutkan: menuangkan minyak narwastu murni yang mahal harganya untuk meminyaki kaki Yesus serta menyekanya dengan rambutnya. 

Tindakan Maria ini menimbulkan kritik pedas dari Yudas Iskariot. Yudas merespons tindakan Maria itu berdasarkan untung rugi. Yudas merasa akan lebih baik jika minyak itu dijual dan hasilnya dibagikan kepada orang miskin. Pemikiran itulah yang membuat Yudas berkata kalau tindakan Maria itu sebagai sebuah pemborosan. Namun Yesus tahu apa sesungguhnya yang ada dalam hati Yudas. Berbagai respons yang muncul lewat perkataan kita sesungguhnya menunjukkan seperti apakah isi hati kita. 

Respons kita kepada Yesus akan tampak jelas dari cara kita bertindak dan bersikap. Apakah kita berespons seperti Maria yang dengan tulus menunjukkan tindakan kasih tanpa memperhitungkan untung ruginya? Ataukah kita seperti Yudas yang selalu memikirkan untung rugi ketika memberikan sesuatu kepada Tuhan? Apakah kita merasa iri hati dan begitu kesal ketika melihat seseorang dipakai Tuhan dalam pelayanan? Apakah kita hanya menyanjung-Nya karena berkat-berkat yang kita terima? Respons kita menunjukkan dengan jelas isi hati kita yang sesungguhnya.

—SYS/www.renunganharian.net


RESPONS HATI KITA KEPADA YESUS AKAN NAMPAK JELAS
DARI SIKAP DAN TINDAKAN KITA SEHARI-HARI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: