BERBAGI KEPEDIHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.29 (34 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Matius 26:36-46

Lalu kata-Nya kepada mereka, “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.” (Matius 26:38)


Bacaan Alkitab Setahun: 
1 Samuel 25-27



Tidak mudah mengakui ketakutan dan kelemahan kita kepada orang lain, terlebih jika kita menduduki jabatan struktural yang tinggi. Kita berusaha terlihat tegar dan kuat, serta menyembunyikan berbagai kecemasan. Seolah-olah tak ada persoalan yang dapat menjatuhkan kita. Kita menutup diri karena tidak ingin dinilai lemah, bahkan kerdil. 

Namun tidak dengan Yesus. Para murid-Nya telah menjadi saksi mata bagaimana Dia melakukan berbagai mukjizat, serta senantiasa mengajar dengan penuh kuasa. Tapi pada malam sebelum Dia ditangkap, Dia menunjukkan sisi kemanusiaan-Nya dengan sangat jelas di Getsemani. Di sana Dia mengalami kegentaran dan kepedihan, bahkan hingga berpeluh darah dalam doa-Nya (Luk. 22:44). Dan Dia mengakuinya kepada Petrus, Yohanes dan Yakobus (ay. 37-38). Dia meminta agar mereka mendekat dan berjaga-jaga ketika Dia berdoa. Murid-murid-Nya menyaksikan betapa Dia bergumul menghadapi cawan penderitaan yang akan ditanggung-Nya. 

Tindakan Yesus ini menunjukkan bahwa sebagai manusia, mengalami ketakutan dan kesedihan itu sangat wajar. Memang kita tidak dianjurkan mengumbarnya kepada semua orang, tetapi membaginya dengan orang-orang tertentu yang diharapkan dapat memahami keadaan kita. Para murid gagal memahami Yesus, mereka malah tertidur. Tetapi kehadiran mereka di dekat-Nya menjadi penguatan tersendiri bagi-Nya. Kiranya kita juga belajar membagikan pergumulan kita kepada orang lain, dan tidak menanggungnya sendirian, karena kita juga butuh topangan mereka.

—HT/www.renunganharian.net


MEMBUKA DIRI DAPAT MEMBUAT KITA TERLIHAT RENTAN DAN LEMAH,
TAPI SEKALIGUS DAPAT BEROLEH KEKUATAN KARENA DUKUNGAN DAN DOA MEREKA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons: